Trigatra dan Pancagatra: Pengertian serta Aspek yang ada Didalamnya

Diposting pada

Wawasan nusantara merupakan salah satu pengetahuan yang penting untuk kita pelajari dan maknai. Karena, selain merupakan ujung tombak dalam menjaga keutuhan NKRI, wawasan nusantara juga membantu kita untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai 2 bagian dari wawasan nusantara yaitu Trigatra dan Pancagatra. Dua pilar yang menjadi pegangan kita dan pemerintah untuk mengerti, menjalankan serta memaknai keberjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Trigatra

Trigatra adalah aspek-aspek dari sebuah negara yang memang sudah melekat pada suatu negara dari awal negara tersebut didirikan. Aspek trigatra tiap-tiap negara tentunya berbeda-beda, tergantung dengan kondisi fisik, sosial, dan faktor-faktor lain yang ada di negara tersebut.

Trigatra sendiri mengandung aspek-aspek alamiah yang umumnya bersifat relatif tetap atau statis. Artinya, trigatra umumnya tidak mengalami perubahan signifikan dalam keberjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa bisa saja aspek-aspek ini berubah.

Geografi

Kondisi geografis suatu wilayah memegang peranan penting dalam membentuk kehidupan berbangsa dan bernegara
Kondisi geografis suatu wilayah memegang peranan penting dalam membentuk kehidupan berbangsa dan bernegara

Geografi dari suatu negara meliputi apa-apa saja yang ada di permukaan bumi negara tersebut. Unsur ini umumnya dibagi menjadi dua aspek yaitu fenomena alam dan fenomena yang dipengaruhi manusia.

Faktor-faktor yang masuk kedalam geografi antara lain adalah

Analisis yang mendalam mengenai kondisi geografi seperti yang sudah dijabarkan diatas dapat menjelaskan mengenai karakteristik serta potensi dan masalah yang ada pada wilayah tersebut. Dengan adanya analisis potensi dan masalah yang mendalam, pemerintah dapat dengan mudah merencanakan pembangunan di wilayah tersebut.

Dalam mengkaji geografi, kita harus senantiasa mengingat untuk melihat sesuatu berdasarkan konsep-konsep geografi yang ada. Konsep ini dapat dimanfaatkan untuk mempermudah analisis dan proses identifikasi solusi dari suatu permasalahan.

Selain itu, prinsip geografi juga penting sebagai pisau analisis seorang ahli geografi untuk membedah dan mendekonstruksi suatu fenomena alam kedalam fenomena-fenomena yang lebih kecil. Hal ini berguna untuk melakukan simplifikasi dari hal-hal yang seharusnya bersifat rumit dan dipengaruhi banyak variabel.

 

Kekayaan Alam

Kekayaan alam, seperti kekayaan alam bahari juga turut menentukan corak perekonomian dan sosial-budaya yang terbentuk
Kekayaan alam, seperti kekayaan alam bahari juga turut menentukan corak perekonomian dan sosial-budaya yang terbentuk

Selain faktor geografis dari sebuah wilayah, kekayaan alam dari suatu wilayah memiliki peranan yang penting dalam mengatur dan mempengaruhi kegiatan berbangsa dan bernegara. Daerah dengan sumber daya alam melimpah tentunya akan memiliki keunggulan dibandingkan dengan daerah yang memiliki sedikit sumber daya alam.

Contohnya adalah Arab Saudi yang merupakan salah satu negara produsen minyak bumi terbesar, sebuah sumber daya alam tidak terbarukan yang sangat penting untuk aktivitas sehari-hari kita. Negara tersebut berhasil bangkit dari kemiskinan dan keterbelakangannya berkat perdagangan minyak yang sangat menguntungkan.

Kini, Arab Saudi merupakan salah satu anggota OPEC, kartel minyak internasional yang bertujuan untuk menstabilisasi harga minyak dan memastikan tidak terjadi krisis-krisis yang disebabkan oleh penawaran dan permintaan minyak global.

Tidak hanya sumber daya alam fosil dan mineral, sumber daya alam terbarukan seperti energi matahari dan panas bumi juga memegang peranan yang penting. Indonesia merupakan salah satu negara yang memanfaatkan energi panas bumi untuk membangkitkan listrik.

Indonesia sendiri merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya alam. Selain memiliki keanekaragaman hayati yang besar karena memiliki zona peralihan atau wallacea, Indonesia juga memiliki banyak bahan galian mineral. Saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor timah terbesar di dunia.

 

Kependudukan

Komposisi dan kondisi demografis suatu masyarakat memegang peranan penting dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara
Komposisi dan kondisi demografis suatu masyarakat memegang peranan penting dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara

Penduduk adalah istilah untuk orang-orang yang tinggal di suatu wilayah untuk suatu waktu tertentu. Nah, kependudukan termasuk persebarannya merupakan salah satu aspek yang sangat mempengaruhi dinamika, potensi, serta tantangan yang ada di suatu negara.

Negara dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi tentu saja akan memiliki permasalahan pembangunan dan penyediaan fasilitas dasar. Sedangkan, negara dengan pertumbuhan penduduk rendah atau minus akan cenderung mengalami penuaan demografis. Penuaan demografis ini pada akhirnya akan menyebabkan angka ketergantungan yang tinggi.

Gambaran umum mengenai kondisi kependudukan suatu negara dapat dilihat lewat piramida penduduknya. Piramida ini menggambarkan persebaran umur dan gender penduduk di suatu wilayah. Piramida ini juga mampu menggambarkan transisi demografis yang sedang terjadi di suatu wilayah.

 

Pancagatra

Berbeda dengan trigatra, pancagatra merupakan aspek-aspek yang menyangkut kehidupan, pergaulan, serta interaksi antar manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Aturan, ikatan, kepercayaan, serta kegiatan sehari-hari masyarakat merupakan intisari dari pancagatra.

Pancagatra umumnya diisi oleh hal-hal yang lebih dapat diubah dibandingkan dengan trigatra. Namun, tetap saja tidak mudah untuk mengubah tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara di suatu negara.

Ideologi

Pancasila merupakan ideologi dasar bangsa Indonesia
Pancasila merupakan ideologi dasar bangsa Indonesia

Ideologi adalah sebuah sistem terintegrasi yang berisi nilai-nilai yang dianggap benar oleh suatu komunitas. Ideologi juga dapat dianggap sebagai dasar dari kehidupan berbangsa dan bernegara yang dianut oleh suatu masyarakat.

Indonesia sendiri memiliki dasar ideologi berupa pancasila yang merupakan sebuah ideologi terbuka. Artinya, pancasila memiliki core values yang adaptif dan tidak lekang oleh zaman, sehingga selalu relevan setiap saat.

Lima sila yang ada pada pancasila memiliki nilai-nilai tertentu yang nantinya akan diwujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Oleh karena itu, kita harus memaknai pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

 

Politik

Politik merupakan aspek integral dalam menjalankan sebuah negara
Politik merupakan aspek integral dalam menjalankan sebuah negara

Politik pada dasarnya adalah asas, haluan, dan kebijaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan oleh penguasa, umumnya pemerintah. Namun, tidak jarang juga politik digunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk mengakuisisi kekuasaan dan kekayaan di suatu negara.

Sistem politik di suatu negara sangat dipengaruhi oleh budaya, perekonomian, dan pemerintah yang ada. Namun, seringkali pemerintah memiliki pengaruh yang kuat terhadap sistem politik yang dijalankan. Oleh karena itu, politik identik dengan pemerintahan dan kekuasaan.

Indonesia dengan bentuk negara kesatuan merupakan salah satu sistem politik yang berjalan. Sistem division of power atau pembagian kekuasaan yang diterapkan di Indonesia juga merupakan corak politik yang unik dibanding negara-negara lain. Terlebih lagi, demokrasi pancasila kita yang dipimpin oleh seorang presiden juga merupakan salah satu aspek sistem politik yang ada.

Keberadaan perwakilan rakyat seperti DPR, DPRD, dan MPR merupakan perwujudan bahwa Indonesia menganut sistem demokrasi meskipun tidak langsung. Sebuah sistem yang memungkinkan rakyatnya mempengaruhi kebijakan di tingkat tertinggi, melalui perwakilan yang sudah dipilih dalam pemilihan umum.

 

Sosial Budaya

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang sangat tinggi
Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang sangat tinggi

Unsur kebudayaan juga memegang peranan penting dalam mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Suku dan bangsa Indonesia yang sangat beragam mendorong leluhur kita untuk menciptakan slogan Bhinneka Tunggal Ika, atau berbeda-beda tetapi tetap satu.

Slogan ini merupakan kristalisasi dari budaya toleransi dan saling bahu membahu yang melekat pada masyarakat Indonesia. Selain itu, diharapkan masyarakat yang heterogen dan plural ini dapat mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi.

Selain karena lebih banyak sudut pandang dan pola berfikir yang bisa diajak menyelesaikan masalah, masyarakat yang plural juga cenderung lebih mengakomodasi terhadap ide-ide dan inovasi baru.

Indonesia yang kaya akan budaya, seperti lagu-lagu daerah kita yang beragam, tarian-tarian tradisional kita yang unik, hingga makanan-makanan tradisional kita yang sangat lezat juga turut menjadi faktor yang mendukung perekonomian Indonesia. Hal-hal tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mendorong sektor pariwisata di Indonesia.

 

Ekonomi

Perdagangan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah
Perdagangan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah

Sistem ekonomi dan perekonomian dari suatu negara juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah negara yang menganut sistem ekonomi pasar tentu saja akan memiliki pola bernegara yang berbeda dengan negara yang menganut ekonomi terencana.

Selain itu, negara dengan pertumbuhan ekonomi dan produk domestik bruto yang tinggi juga umumnya memiliki kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Jika diperhatikan, negara-negara terkaya di dunia pasti memiliki sistem jaminan keamanan sosial yang cukup komprehensif dan berkualitas dibandingkan dengan negara lain.

Salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah melakukan perdagangan antar negara. Perdagangan ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah negara dapat menjual sumber daya surplus dan menutup defisit sumber daya.

Selain itu, perdagangan internasional juga membuat negara-negara di dunia dapat mewujudkan keunggulan komparatif dan keunggulan absolut dalam melakukan produksi. Dengan adanya ini, negara dapat berfokus pada produksi barang-barang yang paling mereka kuasai dan membeli barang yang mereka sulit produksi.

Meskipun begitu, hal ini dapat menyebabkan ketergantungan pada perdagangan internasional, tidak sejalan dengan konsep awal yang diinginkan oleh Soekarno yaitu berdikari atau berdiri di atas kaki sendiri. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam perdagangan internasional, dibuatlah organisasi khusus yaitu world trade organization (WTO) untuk meregulasi hal ini.

Seperti yang sudah dijelaskan pada trigatra diatas, kependudukan, faktor geografis, dan ketersediaan sumber daya alam di suatu lokasi sangat mempengaruhi kondisi ekonomi suatu negara. Namun, harus disadari pula bahwa kondisi ekonomi tersebut juga dipengaruhi oleh ideologinya, budayanya, serta sistem politik yang berlaku.

 

Pertahanan

Soldier Near Concrete Pillars Holding Semi AutomPertahanan tidak hanya sebatas militer dan polisi, tetapi masyarakat dan seluruh elemen yang ada di suatu negaraatic Gun With Scope
Pertahanan tidak hanya sebatas militer dan polisi, tetapi masyarakat dan seluruh elemen yang ada di suatu negara

Pertahanan dan keamanan (Hankam) merupakan segala tindakan untuk mempertahankan kedaulatan negara. Indonesia sendiri menganut sistem pertahanan dan keamanan SISHANKAMRATA, atau sistem pertahanan dan keamanan semesta.

Sistem ini mengintegrasikan semua elemen negara, mulai dari masyarakat, masyarakat terlatih seperti hansip, satpam, dan resimen mahasiswa, hingga elemen militer murni seperti TNI. Dengan adanya sistem keamanan yang terintegrasi di semua tingkatan ini, diharapkan Indonesia dapat menjadi negara yang berketahanan tinggi.

Pertahanan dan keamanan merupakan salah satu wewenang pemerintah pusat yang juga menjadi hak bagi seluruh warga negara. Pemerintah Indonesia berhak dan berkewajiban untuk menyediakan jasa keamanan dan menjaga keamanan, sedangkan warga Indonesia berhak untuk merasa aman, namun berkewajiban pula untuk membantu menjaga ketahanan dan keamanan negara.

Iqbal Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *