10 Sungai Terpanjang di Benua Amerika

Sungai terpanjang di benua Amerika cukup sulit menentukannya. Selain karena hulunya biasanya terletak di daerah yang terpencil, kita juga terkadang tidak memiliki sarana yang pas untuk mencapai daerah tersebut. Apalagi kalau hulu sungainya masuk kedalam wilayah administrasi berbagai negara atau sengketa, semakin susah kan surveynya. Namun, kenapa sih penting banget untuk mengetahui dan mengenal lebih dekat sungai-sungai di benua Amerika?

Ternyata, sungai memiliki peran yang besar dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain merupakan bagian integral dari daur air, sungai juga kerap menjadi urat nadi perekonomian wilayah. Hal ini terjadi karena sungai merupakan penyedia sumber daya hayati seperti ikan serta mengalirkan air untuk pertanian dan perkebunan masyarakat sekitar.

Selain itu, sungai juga kerap digunakan sebagai sumber energi terbarukan dengan membangun bendungan dan PLTA di sungai tersebut. Terkadang, sungai yang memiliki aliran air tenang juga dapat digunakan untuk berdagang antar wilayah karena dapat dilalui kapal.

Banyak sekali ya ternyata manfaat sungai bagi kehidupan kita sehari-hari. Makanya, ayo kita mengenal sungai-sungai yang ada di benua Amerika.

Eits, tahan dulu, apakah kalian tahu bahwa benua Amerika sering dibagi menjadi 2? Ya, ternyata, benua Amerika sering dibagi menjadi dua, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Pada artikel ini, kami akan menggunakan konvensi 5 benua dimana benua Amerika digabung menjadi satu.

Berikut ini adalah 10 sungai terpanjang yang ada di benua Amerika.

10. Sungai Jurua (3.100 km)

Sungai Jurua terletak di sebelah barat sungai Purus. Kedua sungai ini memiliki sifat yang sangat mirip
Sungai Jurua terletak di sebelah barat sungai Purus. Kedua sungai ini memiliki sifat yang sangat mirip

Sungai Jurua adalah salah satu cabang sungai Amazon dan terletak di sebelah barat sungai Purus. Dengan panjang sekitar 3.100 km, sungai ini merupakan sungai terpanjang ke 10 di benua Amerika.

Sungai ini memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan sungai Purus, seperti alirannya yang tidak terlalu cepat namun berkelok-kelok dan bermeander di berbagai tempat. Sungai ini masuk kedalam ecoregion Purus Varzea dan dikelilingi oleh hutan lembab Jurua-Purus sepanjang alirannya.

 

9. Sungai Sao Francisco (3.180 km)

Sungai Sao Francisco dapat dilalui oleh kapal-kapal sehingga kerap digunakan sebagai jalur transportasi oleh masyarakat lokal
Sungai Sao Francisco dapat dilalui oleh kapal-kapal sehingga kerap digunakan sebagai jalur transportasi oleh masyarakat lokal

Sungai Sao Francisco dengan Panjang sekitar 3.180 km merupakan sungai terpanjang ke 6 di Amerika Selatan dan sungai terpanjang ke 9 di benua Amerika. Sebelum periode colonial, sungai ini dikenal sebagai sungai Opava oleh masyarakat setempat.

Sao Francisco berasal dari pegunungan Canastra di daerah Minas Gerais, Brazil. Sungai ini mengalir melalui 5 negara bagian di Brazil sebelum akhirnya bermuara di Samudra Atlantik. Sungai ini dapat dilalui oleh kapal sehingga kerap digunakan sebagai jalur transportasi oleh masyarakat lokal yang tinggal di pinggir sungai Sao Francisco.

 

8. Sungai Yukon (3.190 km)

Sungai Yukon sangat kaya akan sumber daya alam hayati seperti ikan Salmon yang menjadi santapan masyarakat sekitar
Sungai Yukon sangat kaya akan sumber daya alam hayati seperti ikan Salmon yang menjadi santapan masyarakat sekitar

Sungai Yukon mengalir melalui provinsi British Columbia di Canada, masuk ke daerah Yukon Territory, hingga akhirnya bermuara di laut Bering, lepas pantai negara bagian Alaska. Sungai dengan Panjang total 3.190 km ini merupakan yang terpanjang ketiga di Amerika Utara dan terpanjang ke 8 di seluruh benua Amerika.

Sungai ini memiliki DAS seluas 850.000 km2, salah satu yang terbesar di Amerika Utara, hanya dikalahkan oleh Missouri-Mississippi dan sungai MacKenzie. Sungai ini dikenal juga sebagai sungai Ųųg Han dalam bahasa Gwich’in, bahasa suku Athabasca yang tinggal disekitar sungai ini. Dalam bahasa Inuit, sungai ini dikenal sebagai sungai Kuukpak.

Sungai Yukon merupakan sungai yang sangat bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat setempat, yang mayoritasnya mengandalkan ekonomi subsisten untuk memenuhi kebutuhuannya sendiri. Sungai ini sangat kaya akan ikan salmon yang dapat menjadi sumber protein dan energi yang baik bagi suku Inuit maupun Athabasca yang tinggal disekitar sungai Yukon.

 

7. Sungai Purus (3.211 km)

Sungai Purus merupakan sungai dengan rute yang sangat berkelok-kelok dan air yang bergerak secara lambat
Sungai Purus merupakan sungai dengan rute yang sangat berkelok-kelok dan air yang bergerak secara lambat

Dengan panjang total 3.211 km, sungai Purus adalah sungai terpanjang ke 5 di Amerika Selatan dan terpanjang ke 7 di benua Amerika. Sungai ini merupakan salah satu cabang dari sungai Amazon dengan DAS seluas 63.167 km2.

Sungai ini berawal dari Peru dan mengalir sepanjang batas negara Peru-Brazil, sebelum akhirnya mengalir sepanjang batas terluar hutan nasional Santa Rosa du Purus. Mayoritas bagian tengah dan hilir sungai ini mengalir dalam ecoregion Puruz Varzera. Sungai ini juga mengalir kedalam wilayah lindung Abufari Biological Reserve yang ekosistem lokalnya sangat kaya akan biodiversitas.

 

6. Sungai Madeira (3.380 km)

Sungai Madeira adalah cabang terbesar dari sungai Amazon. Sungai ini mensuplai sekitar 15% dari total debit air sungai tersebut
Sungai Madeira adalah cabang terbesar dari sungai Amazon. Sungai ini mensuplai sekitar 15% dari total debit air sungai tersebut

Sungai Mamore adalah sungai besar di Amerika Selatan yang bergabung dengan sungai Beni untuk menciptakan sungai Madeira. Sungai Madeira yang memiliki panjang total 3.380 km merupakan cabang terbesar sungai Amazon. Sungai ini mensuplai sekitar 15% dari total debit air yang mengalir pada sungai Amazon.

Sungai ini mengalir melewati negara Brazil, Bolivia, dan Peru. Sungai Madeira dapat dilalui oleh kapal sehingga kerap digunakan sebagai urat nadi transportasi baik barang maupun manusia oleh penduduk sekitar. Bendungan juga mulau dibangun di sepanjang sungai ini untuk menghasilkan listrik bagi daerah sekitarnya.

 

5. Sungai Tocantins-Araguaia (3.650 km)

Sungai Tocantins-Araguaia terletak di Brazil dan mengalir sepanjang 3.650 km
Sungai Tocantins-Araguaia terletak di Brazil dan mengalir sepanjang 3.650 km

Sungai sepanjang 3.650 km ini terdiri dari dua sungai yaitu sungai Tocantins dan sungai Araguaia. Kedua sungai ini berada di Brazil dan diduga merupakan anak sungai Amazon. Namun, ternyata kedua sungai ini berbeda karena sistem sungai ini tidak terkoneksi dengan Amazon, meskipun sama-sama bermuara di Samudra Atlantik.

Nama Tocantins berasal dari bahasa suku Tupi yang artinya paruh burung Toucan, sedangkan Araguaia berarti sungai burung makau. Sungai terpanjang ketiga di Amerika Selatan dan terpanjang ke 5 di benua Amerika ini melalui banyak daerah administrative Brazil seperti Para, Maranhao, Goias, dan Tocantins.

 

4. Sungai MacKenzie-Slave-Peace (4.241 km)

Sungai Mackenzie adalah sungai terpanjang di Canada
Sungai Mackenzie adalah sungai terpanjang di Canada

Sunga MacKenzie adalah sungai terpanjang di Canada yang mengalir melalui hutan-hutan boreal Canada Utara. Sungai ini memiliki daerah aliran sungai (DAS) terbesar kedua di Amerika Utara setelah sungai Mississippi-Missouri-Jefferson.

MacKenzie sebenarnya bukan nama asli sungai ini, itu adalah nama yang diberikan oleh pendatang Prancis-Inggris yang membangun benteng dan pusat perdagangan kulit serta bulu binatang di Canada pada abad ke 17-18. Nama aslinya dalam bahasa slavey, sebuah bahasa suku Athabasca yang artinya big river, sedangkan dalam bahasa inuit, sungai ini dikenal sebagai Kuukpak yang artinya great river. Keduanya sama-sama berarti sungai besar.

Sungai ini merupakan sungai terbesar dan terpanjang di benua Amerika yang bermuara di laut Arktik. Sungai MacKenzie diduga berasal dari danau Thutade di bagian dalam British Columbia. Sejauh ini, pembangunan ekonomi di sepanjang jalur sungai MacKenzie belum terlalu banyak. Hal ini dipengaruhi oleh sulitnya akses transportasi ke tempat tersebut dan kurangnya jumlah penduduk disana sehingga tidak terdapat keuntungan aglomerasi.

 

3. Sungai Rio de la Plata-Parana-Rio Grande (4.876 km)

Sungai Rio de la Plata-Parana di Amerika Selatan merupakan sungai yang sangat penting bagi Brazil, Argentina, dan Paraguay.
Sungai Rio de la Plata-Parana di Amerika Selatan merupakan sungai yang sangat penting bagi Brazil, Argentina, dan Paraguay.

Sungai Rio de la Plata memiliki daerah hulu di sungai Uruguay dan Panama. Sistem sungai ini sangat penting bagi negara Brazil, Argentina, dan Paraguay, karena merupakan sumber air utama bagi negara-negara tersebut. Selain itu, estuary sungai ini juga merupakan daerah dengan potensi perikanan yang sangat besar.

Aslinya, sungai Rio de la Plata ini sangat pendek, panjangnya hanya sekitar 220 km. Namun, sungai ini merupakan hulu dari sungai Parana yang memiliki panjang total sekitar 4.800. Oleh karena itu, system sungai ini menempati posisi terbesar ke 8 di dunia dan terbesar ketiga di benua Amerika jika digabungkan juga dengan sungai Rio Grande.

 

2. Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson (6.275 km)

Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson merupakan sungai terbesar di Amerika Serikat
Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson merupakan sungai terbesar di Amerika Serikat

Sisem sungai yang mencakup sungai Mississippi, Missouri, dan Jefferson merupakan sungai terpanjang ke empat di dunia dan sungai terpanjang kedua di benua Amerika. Daerah aliran sungai ini mencakup 2 provinsi di Canada dan 31 negara bagian di Amerika Serikat.

Sungai Mississippi berasal dari Minnesota Utara, dimana disitu terdapat danau Itasca yang dipercaya merupakan hulunya. Namun, sungai Jefferson juga dapat dianggap sebagai bagian dari hulu sungai Mississipi. Jika kita menghitung sungai ini, maka kita akan mendapatkan sistem sungai Mississippi, Missouri, dan Jefferson yang sangat panjang.

Sungai ini memegang peranan penting dalam menunjang perekonomian Amerika Serikat karena hampir semua negara bagian Amerika dilewati oleh sungai ini. Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson dapat digunakan untuk transportasi barang, sumber pengairan, bahkan sebagai tempat memancing.

 

1. Sungai Amazon (6.400 km)

Sungai Amazon adalah sungai terpanjang di Benua Amerika
Sungai Amazon adalah sungai terpanjang di Benua Amerika

Sungai Amazon yang terletak di Amerika Selatan merupakan sungai terpanjang kedua di dunia serta sungai terpanjang di benua Amerika. Sungai ini memiliki panjang sekitar 6.400 km dan memiliki hulu di daerah sungai Apurimac, pada pegunungan Andes.

Sungai ini mengalir melalui negara Brazil, Peru, Ekuador, Kolombia dan Bolivia. Sungai Amazon pada umumnya mengalir di tengah-tengah hutan hujan Amazon serta memiliki alur yang berliku-liku. Bentuk meander ini disebabkan oleh dasar sungai yang permukaannya tidak rata, sehingga menyebabkan perbedaan kecepatan pada bagian-bagian sungai tertentu.

Sungai Amazon merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna serta merupakan ekosistem yang sangat kaya akan biodiversitas. Salah satu hewan ikonik dari sungai Amazon adalah ikan piranha, sang karnivora kecil dan ikan Arapaima yang merupakan ikan air tawar terbesar di dunia.

Iqbal Hakim

Tinggalkan komentar