10 Negara Tertua di Dunia: Tidak Hilang Ditelan Zaman

10 Negara Tertua di Dunia: Tidak Hilang Ditelan Zaman

Sekarang, terdapat lebih dari 200 negara di dunia ini, negara-negara tersebut terbentuk pada waktu dan zaman yang berbeda serta pada lokasi yang berbeda. Alasan didirikannya negara tersebut juga bervariasi, mulai dari perdagangan hingga peperangan.

Jika kita bandingkan, negara-negara yang pertama didirikan jauh berbeda dengan negara sekarang. Mereka umumnya berbentuk kerajaan atau perkumpulan keluarga-keluarga yang memiliki dewan/pemimpin dan memiliki hukum yang kebanyakan berbentuk tidak tertulis.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak dari negara-negara tersebut yang sudah hancur, hilang, atau digantikan oleh negara lain. Batas-batas negara mereka berubah dan tradisinya pun berubah.

Tapi, tidak dapat dipungkiri bahwa negara-negara tersebut berhasil mencatatkan namanya dalam lembaran sejarah. Berikut ini adalah 10 negara yang paling tua di dunia.

10. Prancis

Negara Prancis Didirikan oleh Bangsa Frankia dari Jerman
Negara Prancis Didirikan oleh Bangsa Frankia dari Jerman

Peradaban manusia di daerah Prancis sudah ada sejak 1.8 juta tahun yang lalu. Daerah ini ditinggali oleh kaum Gaul pada zaman besi. Kaum Gaul yang bersuku-suku pun akhirnya dikalahkan oleh Kekaisaran Romawi pada tahun 51 sebelum masehi dan menguasainya selama 500 tahun.

Pada tahun 467, bangsa Frankia Germanik dari daerah Jerman datang dan menguasai wilayah ini. Bangsa Frankia lah yang mendirikan kerajaan Prancis yang bertahan hingga saat ini.

Negara ini mengalami banyak peperangan dan kemunduran karena sistem feodal, namun, sekarang Prancis menjadi salah satu negara termaju di dunia dengan kekuatan ekonomi dan geopolitik yang kuat.

Saat ini Prancis merupakan salah satu negara penting dalam organisasi perdagangan dan kerjasama antar negara Uni Eropa.

 

9. San Marino

San Marino didirikan oleh Marinus pada Tahun 301
San Marino didirikan oleh Marinus pada Tahun 301

San Marino merupakan salah satu negara terkecil di dunia yang juga merupakan salah satu negara tertua di dunia. Negara ini didirikan pada tahun 301 sebagai Republik San Marino oleh seorang pengrajin batu bernama Marinus.

Marinus terpaksa meninggalkan rumahnya di sekitar wilayah Kroasia karena kepercayaan kristiani nya membuat dia dipersekusi oleh pemerintahan maupun tetangganya.

Republik ini baru diakui oleh Paus Vatikan pada tahun 1631 meskipun sudah didirikan jauh sebelum itu. Statuta tahun 1600 berlaku sebagai konstitusi de facto San Marino. Dokumen ini merupakan yang pertama di dunia.

 

6. Armenia

Negara Ini Pernah menjadi Daerah Kekuasaan Kerajaan Achaemenid dalam Bentuk Satrapy Armenia pada Abad ke 6 Sebelum Masehi
Negara Ini Pernah menjadi Daerah Kekuasaan Kerajaan Achaemenid dalam Bentuk Satrapy Armenia pada Abad ke 6 Sebelum Masehi

Armenia merupakan negara kecil yang berlokasi dekat dengan Turki. Negara ini memiliki sejarah peradaban yang mencakup rentang waktu 2600 tahun. Kerajaan pertama yang didirikan di daerah ini adalah kerajaan Urartu pada tahun 860 sebelum masehi. Kerajaan ini digantikan oleh satrapy Armenia pada abad ke 6 sebelum masehi.

Yerevan, ibu kota dari Armenia didirikan pada tahun 782 sebelum masehi. Kerajaan Armenia mengalami kejayaan dan dianggap sebagai kerajaan besar pada abad ke 1 sebelum masehi. Armenia juga merupakan negara pertama yang mengadopsi agama Kristiani sebagai agama resmi negaranya pada tahun 301.

 

8. Iran

Persepolis Merupakan Ibu Kota dari Kekaisaran Achaemenid Persia
Persepolis Merupakan Ibu Kota dari Kekaisaran Achaemenid Persia

Negara ini baru disebut sebagai Iran semenjak tahun 1935, sebelumnya, negara ini memiliki nama Persia. Kebudayaan manusia sudah ada di Persia sejak 10,000 tahun sebelum masehi, namun pada saat itu, orang-orang masih tinggal secara terpisah di pemukiman tersendiri.

Kerajaan Persia Achaemenid merupakan kerajaan besar pertama yang ada di wilayah persia, kerajaan tersebut didirikan oleh Cyrus the Great pada tahun 550 sebelum masehi. Kerajaan ini merupakan kerajaan terbesar pada zamannya hingga dikalahkan oleh Alexander the Great pada tahun 330 sebelum masehi.

Meskipun sejarah gemilang persia diawali pada masa Cyrus, sebelumnya sudah ada kelompok-kelompok orang yang tinggal di daerah ini dan bahkan membuat kerajaan sendiri. Kerajaan tersebut antara lain adalah Parthian, Median, Elamites, dan Iranian. Kelompok-kelompok ini didominasi oleh kerajaan Assyrian yang berpusat di Nineveh.

 

7. Jepang

Kaisar Jimmu Merupakan Figur Mitologis Pendiri Kekaisaran Jepang
Kaisar Jimmu Merupakan Figur Mitologis Pendiri Kekaisaran Jepang

Sesuai sejarah Jepang, negara ini didirikan oleh kaisar Jimmu pada tahun 660 sebelum masehi. Banyak orang yang menganggap kaisar Jimmu adalah figur mitologis yang aslinya tidak ada. Namun, namanya tertera pada Kojiki dan Nihon Shoki.

Manusia pertama mulai menetap di Jepang sejak 15,000 tahun yang lalu, migran ini berasal dari benua Asia. Namun, budaya Jepang dan agama Buddha baru mulai menyebar di kepulauan Jepang pada abad ke 8 setelah masehi.

Negara Jepang modern muncul setelah sistem shogunate dihapuskan oleh kaisar Meiji dengan Meiji Restoration nya pada tahun 1868.

 

5. Ethiopia

Kerajaan Pertama Ethiopia adalah Kerajaan D'mt yang Berdiri Pada Tahun 980 Sebelum Masehi
Kerajaan Pertama Ethiopia adalah Kerajaan D’mt yang Berdiri Pada Tahun 980 Sebelum Masehi

Ethiopia merupakan salah satu negara tertua di dunia yang memiliki sejarah panjang dan penuh warna. Wilayah ini sudah dihuni oleh manusia, atau proto-manusia seperti neanderthal dan sejenisnya, semenjak jutaan tahun yang lalu.

Kerajaan pertama di Ethiopia adalah kerajaan D’mt yang didirikan pada tahun 980 sebelum masehi. Kerajaan ini bersifat agraris subsisten sehingga mereka mengembangkan skema irigasi dan pertanian, menanam millet, membuat alat dari besi dan mulai menggunakan alat pembajak lahan.

Ethiopia merupakan satu satunya negara Afrika yang belum pernah dijajah oleh negara luar selama negara ini berdiri. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan mengingat pada saat itu, Afrika dianggap layaknya sebuah kue yang diperebutkan.

 

4. India

Manusia Sudah Menetap di Lembah Sungai Indus Sejak 10,000 Tahun yang Lalu
Manusia Sudah Menetap di Lembah Sungai Indus Sejak 10,000 Tahun yang Lalu

Peradaban pertama di India muncul 10,000 tahun yang lalu, mereka menetap di lembah sungai indus sehingga dikenal sebagai indus valley civilization. Daerah ini merupakan tempat awal berkembangnya beberapa agama tertua di dunia seperti Jainisme, Hinduisme, dan Buddhisme.

Sepanjang sejarah, daerah ini dikenal dengan berbagai nama, mulai dari Aryavarta, Hindustan, hingga bharat. Kerajaan-kerajaan pertama dibentuk sekitar tahun 1,500 sebelum masehi dan berkuasa hingga akhir zaman vedic, yaitu sekitar tahun 600 sebelum masehi.

Setelah zaman vedic, daerah ini dikuasai oleh berbagai dinasti kuat, baik yang berasal dari luar seperti Mughal dan Timurid, atau yang berasal dari kerajaan-kerajaan lokal seperti Maratha dan Vijaynagar.

India modern terbentuk pada tahun 1947 dengan merdekanya british raj dari kolonialisme Inggris dan pengubahan namanya menjadi India.

 

3. Yunani

Athena Merupakan Negara Pertama yang Menganut Sistem Demokrasi
Athena Merupakan Negara Pertama yang Menganut Sistem Demokrasi

Negara Yunani modern muncul pada tahun 1821 setelah terjadinya revolusi Yunani, namun, peradaban manusia di Yunani sudah ada sejak 4,000 tahun yang lalu.

Peradaban modern pertama di Yunani muncul pada tahun 800 sebelum masehi setelah bangsa Yunani berhasil keluar dari zaman kegelapan. Pada periode ini, Yunani kuno berhasil menciptakan huruf yunani (greek alphabet) dan mempraktekkan model awal demokrasi. Athena merupakan negara (city state) pertama yang mengadopsi sistem demokrasi pada tahun 508 sebelum masehi.

Bangsa Yunani kuno berhasil mengembangkan ilmu, filosofi, dan literatur-literatur mahakarya yang turut membantu mendorong terjadinya rennaisance di Eropa dan Timur Tengah. Karya-karya hebat dari Aristoteles, Plato, dan Socrates masih menjadi dasar pemikiran filosofis, bahkan hingga sekarang.

 

2. China

Aerial Photography of Great Wall of China
Kekaisaran Pertama di China adalah Dinasti Shang pada Abad 17 sebelum masehi.

China kerap dianggap sebagai salah satu negara tertua di dunia. Peradaban manusia di wilayah China dapat kita tarik hingga lebih dari 4,000 tahun yang lalu. Namun, peradaban modern belum muncul hingga abad ke 17 sebelum masehi.

Dinasti pertama China adalah dinasti Shang yang didirikan pada abad ke 17 sebelum masehi dan berkuasa hingga abad ke 11 sebelum masehi. Menurut beberapa ahli sejarah, sebelum dinasti Shang terdapat dinasti lain, yaitu dinasti Xia yang berkuasa dari tahun 2070 sebelum masehi hingga 1600 sebelum masehi.

Namun, rakyat China sekarang menganggap tahun 221 sebelum masehi sebagai awal berdirinya negara China modern. Pada saat itu, kaisar Qin Shi Huang dari dinasti Qin mendeklarasikan dirinya sebagai kaisar pertama seluruh China. Setelahnya, budaya dan tradisi China yang beragam dipersatukan oleh dinasti Han pada abad ke 3 setelah masehi.

 

1. Mesir

Kerajaan Pertama Mesir Didirikan Pada tahun 3100 Sebelum Masehi oleh Raja Menes
Kerajaan Pertama Mesir Didirikan Pada tahun 3100 Sebelum Masehi oleh Raja Menes

Diperkirakan, manusia pertama sudah bermukim di lembah sungai Nil sejak tahun 6000 sebelum masehi. Manusia-manusia ini kelak akan bertransformasi menjadi bangsa Mesir kuno.

Menurut sejarawan, Kerajaan pertama Mesir didirikan pada tahun 3100 sebelum masehi oleh seorang raja bernama Menes. Raja Menes berhasil mempersatukan Mesir Atas dan Mesir Bawah menjadi satu kerajaan. Kerajaan ini memiliki ibu kota di Memphis, sebuah kota kuno di dekat Cairo.

Setelah kerajaan pertama ini, akan muncul banyak kerajaan-kerajaan lain yang menjadi penerusnya. Pada kerajaan-kerajaan penerus inilah kita akan menemukan nama fir’aun Ramses, Tuthankamun, Thutmose, dan Cleopatra.

Tinggalkan komentar