Majas Metonimia: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Majas metonimia merupakan salah satu gaya berbahasa dalam bahasa Indonesia yang sering ditemukan dalam sebuah iklan.

Tidak hanya merek dagang saja yang digunakan dalam pemakaian majas ini, ada beberapa kata lainnya juga yang sengaja diganti untuk memperindah isi dari suatu kalimat.

Biasanya, masyarakat menggunakannya ketika sedang melakukan percakapan atau hendak menjelaskan suatu benda.

Pengertian Majas Metonimia

Majas metonimia berasal dari dua buah suku kata Yunani, diantaranya yaitu meto dan anoma. Meto memiliki arti “menggambarkan sebuah perubahan” dan anoma mengandung arti “nama”.  

Menurut Gorys Keraf, metonimia pada dasarnya adalah

suatu gaya bahasa yang mempergunakan kata untuk menyatakan suatu hal lain karena mempunyai pertalian yang sangat dekat.

Intinya, majas metonimia menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan kata yang ingin disebutkan. Hal ini umumnya terjadi pada kata yang bertali atau saling berhubungan.

Senada dengan Keraf, Altenbernd juga menyatakan bahwa metonimia pada dasarnya adalah

Penggunaan bahasa sebagai atribut sebuah objek atau penggunaan sesuatu yang sangat berhubungan dekat dengannya untuk menggantikan objek tersebut.

Pada dasarnya, majas ini mencoba untuk membandingkan atau menyerupakan suatu kata dengan kata lainnya. Tetapi, menyerupakan disini berbeda dengan majas simile ataupun majas metafora yang mungkin kalian kenal.

Contohnya adalah kalian menyebut mie goreng dengan Indomie. Padahal, Indomei ini merupakan merk dagang dari sebuah mie goreng. Tetapi, karena sangat terkenal, maka Indomie dianggap sama dengan mie goreng.

Contoh lainnya yang mungkin sering kalian dengar adalah istilah pompa air yang tergantikan dengan kata sanyo.

Padahal, sanyo disini adalah merek dagang dari sebuah perusahaan yang memproduksi mesin pompa air. Namun, merk ini sangat terkenal sehingga kerap dijadikan kata ganti untuk pompa air.

 

Ciri Majas Metonimia

Ciri-ciri majas metonimia

Terdapat beberapa ciri yang dapat kalian gunakan untuk membedakan majas metonimia dengan majas-majas lainnya. Ciri-ciri tersebut antara lain adalah

  • Di dalam gaya bahasa metonimia memiliki tiga jenis relasi kontiguitas atau keterpautan yakni kausal, spasial dan temporal
  • Gaya bahasa metonimia digunakan untuk menggantikan suatu nama barang atau benda dengan menggunakan kata lainnya seperti ciri khusus, merk barang, jenis dan sebagainya
  • Adanya hubungan dari kata yang digunakan untuk mengganti nama suatu benda tersebut seperti merk yang sangat melekat dengan barang tersebut

Namun, ciri umum yang dapat kalian gunakan sebagai patokan adalah jika kata yang digunakan adalah kata merk, maka dapat kalian pastikan bahwa itu adalah majas metonimia.

 

Contoh-Contoh Majas Metonimia Serta Penjelasannya

Saat mempelajari sastra Indonesia, kalian akan menemukan berbagai contoh kalimat yang digunakan dalam sebuah majas.

Contoh tersebut, dapat membantu Anda untuk mempermudah mendalami pemahaman terkait majas tertentu.

Sehingga, saat ingin mengaplikasikannya ke dalam sebuah cerita atau puisi, penempatan majasnya tepat dan tidak asal-asalan.

Agar kalian lebih paham, dibawah ini kita akan membahas beberapa contoh penggunaan majas metonimia dalam kehidupan sehari-hari.

Minum Yakult setiap hari dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan lancar

Yakult adalah merek dagang dari sebuah minuman fermentasi yang mengandung bakteri baik.

Ada juga produk serupa yang sama-sama difermentasikan terlebih dahulu yaitu yogurt, kefir, atau minuman lactobasillus lainnya.

Hanya saja, merk Yakult sudah sangat terkenal, sehingga semua orang secara otomatis menyebut minuman berbakteri baik sebagai yakult.

Kalau ke pasar jangan lupa beli Kapal Api ya!

Sama seperti kalimat sebelumnya, kapal api disini bukan menjelaskan kendaraan kapal laut yang berlayar dengan memanfaatkan bahan bakar solar atau batu arang yang dibakar.

Melainkan, merek dagang kopi yang sudah sangat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia sejak tahun 90an.

Orang-orang sering menggunakan kata kapal api untuk menggantikan kata kopi karena memang kata kapal api sudah dianggap sebagai sinonim dari kata kopi sachet.

Namun, bagi masyarakat yang tidak suka meminum kopi terutama mereka yang lahir di era 2000an, kemungkinan besar bisa saja salah mengartikan maksud dari kalimat tersebut.

Contoh-contoh majas metonimia

Menjelang akhir tahun tiket garuda mengalami kenaikan harga hingga dua kali lipat

Garuda merupakan salah satu merek atau perusahaan penerbangan terkenal yang ada di Indonesia.

Akan tetapi, bila kalian tidak memperhatikan kalimatnya secara menyeluruh, mungkin saja garuda yang terlintas di dalam pikiran Anda adalah seekor burung.

Nyatanya, memang ada jenis burung garuda yang terkenal dengan ketangkasan dan kecepatannya dalam terbang di udara.

Olympic selalu memenangkan perhatian masyarakat Indonesia

Olympic adalah salah satu perusahaan yang bergerak di industri furniture, terutama furnitur kayu. Dimana, setiap barang yang mereka jual memiliki daya tahan yang sangat kuat meskipun harga jual di pasarannya cukup mahal.

Padahal, kata Olympic sendiri juga bisa saja diartikan sebagai sebuah ajang perlombaan olahraga atau Olimpiade yang diselenggarakan se-dunia.

Nanti tahun baru jangan lupa ke Matahari ya!

Matahari disini menjelaskan sebuah merek mall yang menjual berbagai macam pakaian untuk segala usia. Bukan bintang di luar angkasa yang memiliki peran sebagai sumber energi kehidupan di muka bumi, dan sebagai pusat dari beredarnya planet-planet di tata surya.

Oleh karena itu, saat kalian menemukan sebuah kalimat jangan terburu-buru menyimpulkan maknanya melainkan perhatikan dengan teliti sampai akhir kalimat.

Setiap akhir bulan Rani selalu mengkonsumsi indomie karena uangnya sudah menipis

Mie instan sebenarnya banyak sekali diperjual belikan ke masyarakat dengan berbagai macam merek. Namun, masyarakat Indonesia sangat lekat dengan merek indomie.

Tidak hanya Indonesia saja, indomie juga sudah mulai dikenal hingga ke berbagai negara di seluruh dunia.

Kalimat tersebut menjelaskan bahwa indomie termasuk ke dalam majas sebagai pengganti dari kata mie instan. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar orang merasa asing saat mengucapkan kalimat mie instan dalam sebuah percakapan.

Berbeda ketika mie instan digunakan ke dalam sebuah kalimat dalam bentuk tulisan untuk menghindari pengenalan terhadap sebuah merek tertentu.

Begitu masuk ke Senayan, jadi lupa teman dia

Disini, senayan bukan bermaksud senayan sebagai tempat, tetapi senayan yaitu kantor DPR yang berada di Senayan, DKI Jakarta.

Maksud dari kalimatnya adalah, ketika seseorang sudah masuk kedalam DPR atau mendapatkan jabatan tinggi, seringkali mereka melupakan temannya.

Contoh penggunaan majas metonimia

Kata marbot masjid, Sanyo nya mati sehingga dihimbau wudhu dari rumah

Maksud dari kalimat diatas adalah, pompa air dari masjid sedang mati, sehingga jamaah shalat dihimbau untuk wudhu dari rumah saja.

Sanyo disini merupakan kata ganti dari pompa air karena umumnya di desa-desa, mereka menggunakan pompa air bermerk Sanyo. Saking banyaknya sanyo, merk ini menjadi kata ganti dari pompa air.

Ayah sering ke kantor menggunakan Damri

Makna sebenarnya dari kalimat ini adalah ayah sering ke kantor menggunakan bis.

Padahal, sebenarnya ayah bisa saja tidak menggunakan damri, tetapi menggunakan busway, kopaja, ataupun metro mini yang berseliweran di kota-kota besar.

Namun, damri merupakan salah satu merk pelayanan bus yang sudah sangat terkenal di masyarakat, sehingga menjadi kata ganti. Meskipun begitu, sekarang damri mulai digantikan oleh busway.

Jangan lupa pesen bluebird nya ya

Kalimat diatas maksudnya adalah jangan lupa untuk memesan taksi. Tetapi, bluebird sudah menjadi merk dagang yang sangat terkenal, sehingga semua taksi dianggap sebagai blue bird.

Padahal, banyak merk taksi lain seperti PRIMKOPAU, Express, atau Gamya yang pelayanannya juga cukup baik.

Ke warung ya dik? Nitip beli pepsodent ya!

Disini maksudnya adik dititipkan untuk membeli pasta gigi, tetapi karena merk pepsodent sudah mendarah daging di Indonesia, maka pasta gigi lebih sering disebut pepsodent ataupun odol.

Waduh luka ya? Sini ku kasih betadine

Betadine merupakan merk produk obat merah providone iodine yang berguna untuk menutup dan membersihkan luka.

Karena merk ini sudah sangat terkenal di masyarakat dalam waktu yang lama, maka orang-orang justru tidak mengenal obat merah atau providone iodine, orang-orang malah mengenalnya sebagai betadine.

Sekian penjelasan kali ini mengenai majas metonimia. Semoga bermanfaat dan jangan pernah lelah untuk mempelajari hal-hal yang belum kalian ketahui. Salam.

Iqbal Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *