Keindahan Alam

Berapa Jumlah Pulau di Indonesia?

Diposting pada

Indonesia tergolong sebagai negara kepulauan, artinya, Indonesia memiliki wilayah yang terdiri dari pulau-pulau, baik yang berukuran besar maupun yang kecil.

Meskipun mayoritas wilayah daratan Indonesia dilingkupi oleh 5 pulau terbesar yaitu Papua, Jawa Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi, ternyata indonesia memiliki belasan ribu pulau lainnya lho.

Sebenarnya, Berapa Jumlah Pulau di Indonesia?

Menghitung jumlah pulau di Indonesia sangatlah sulit mengingat wilayah kita yang sangat luas. Selain itu, infrastruktur penjaga pantai juga tidak tersebar secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

Namun, pada tahun 1972, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencatat bahwa terdapat setidaknya 6.127 pulau di Indonesia. Jumlah ini bertambah pada tahun 1987 ketika terjadi survei oleh Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) yang menyatakan bahwa Indonesia memiliki sekitar 17.503 pulau yang mana 5.707 diantaranya sudah memiliki nama.

Pada tahun 2002, penelitian menggunakan citra satelit dan sistem informasi geografis (SIG) menemukan bahwa Indonesia memiliki sekitar 18.306 pulau. Lebih banyak dibandingkan dengan survey Pussurta ABRI pada tahun 1987.

Data ini ditambahkan lagi oleh departemen dalam negri yang menarik pendataan kepada seluruh gubernur serta bupati/wali kota. Mereka menyatakan bahwa terdapat sekitar 7.870 pulau yang bernama, sedangkan 9.634 pulau tidak bernama. Namun, dari sekian banyak pulau tersebut, hanya sekitar 6 ribu pulau yang dihuni oleh manusia.

Data ini kemudian dimutakhirkan lagi dalam pendataan terbaru yang pada tahun 2017 menyatakan bahwa Indonesia memiliki 16.056 pulau yang valid dan terverifikasi di Indonesia. Data ini bertambah pada tahun 2018 menjadi 16.671 pulau dan kembali bertambah pada tahun 2019 menjadi 17.491 pulau.

Berdasarkan rilis data Badan Pusat Statistik terbaru tahun 2018, didapatkan bahwa jumlah pulau di Indonesia per provinsi adalah sebagai berikut.

Jumlah pulau di Indonesia

Berdasarkan tabel diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa provinsi dengan pulau terbanyak di Indonesia adalah provinsi Papua Barat disusul oleh Kepulauan Riau dan Sulawesi Tengah.

Jumlah pulau di Papua Barat menyentuh angka 4108 pulau, dua kali lebih banyak dari Kepulauan Riau di posisi kedua dan sekitar 410 kali lebih banyak dari Bengkulu di posisi terakhir.

Mari kita bedah lebih dalam jumlah pulau-pulau yang berada di tiap-tiap wilayah negara Indonesia.

 

Jumlah Pulau di Jawa Bali dan Nusa Tenggara

Jumlah pulau yang ada di Jawa Bali dan Nusa Tenggara

Berdasarkan grafik diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa provinsi di wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara yang memiliki pulau terbanyak adalah Jawa Timur disusul oleh Nusa Tenggara Barat. Sedangkan, provinsi yang memiliki jumlah pulau paling sedikit adalah Jawa Barat dan Bali.

Secara umum, Jawa tidak memiliki terlalu banyak pulau karena seluruh masa daratannya terpusat di Pulau Jawa. Namun, memang di daerah Jawa Timur dan Nusa Tenggara terdapat banyak pulau-pulau kecil.

 

Jumlah Pulau di Sumatera

Jumlah pulau di Sumatera

Berdasarkan grafik diatas, diketahui bahwa di wilayah Sumatera, provinsi yang memiliki jumlah pulau terbanyak adalah Kepulauan Riau, sedangkan yang paling sedikit adalah Bengkulu.

Dengan jumlah pulau lebih dari 1994 pulau, Kepulauan Riau memiliki jumlah pulau hampir empat kali lebih banyak dibandingkan dengan Aceh, di posisi kedua. Hal ini terjadi karena Kepulauan Riau memang berbentuk kepulauan dengan banyak pulau-pulau kecil yang masuk wilayah yurisdiksinya.

 

Jumlah Pulau di Kalimantan

Jumlah pulau di Kalimantan

Berdasarkan grafik diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa di wilayah Kalimantan, provinsi yang memiliki jumlah pulau terbanyak adalah Kalimantan Timur dengan 419 pulau. Sedangkan, provinsi dengan jumlah pulau terendah adalah Kalimantan Utara dengan 34 pulau.

Mirip dengan pulau Jawa, secara umum Kalimantan memang tidak memiliki terlalu banyak pulau. Hal ini dikarenakan daratan Kalimantan terfokuskan pada pulau besarnya. Namun, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat memiliki cukup banyak pulau-pulau kecil di lepas pantainya.

&snbsp;

Jumlah Pulau di Papua dan Maluku

Jumlah pulau yang ada di Papua dan Maluku

Berdasarkan grafik diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa di wilayah Papua-Maluku, terdapat banyak sekali pulau-pulau kecil. Namun, mayoritas pulau kecil ini berada di Papua Barat. Dengan 4108 pulau, maka Papua Barat memiliki sekitar 4x lebih banyak pulau dibandingkan dengan Maluku yang berada di posisi kedua.

Secara umum, jika kita bandingkan dengan wilayah-wilayah lain, Papua dan Maluku memiliki jumlah pulau yang cukup banyak. Hal ini terjadi karena memang bentukan daerah ini adalah kepulauan. Terutama Papua Barat di daerah kepala burung nya dan Maluku yang memang merupakan kepulauan.

Iqbal Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *