10 Danau Terbesar yang ada di Dunia

Diposting pada

Danau merupakan cekungan yang berisi air dan terbentuk secara alami, kebanyakan di kelilingi daratan dan tidak seperti laut, tidak ada pergerakan dan sirkulasi air di dalam danau. Tiga jenis aktifitas bumi yang membentuk danau adalah aktifitas vulkanik, tektonik, dan glasial. Oleh karena itu, danau bisa saja terbentuk dan hilang karena aktifitas alam.

Terdapat banyak sekali danau yang ada di bumi, dan beberapa diantaranya memiliki ukuran yang besar. Sekalipun begitu, dunia pernah menghitung sejumlah danau yang memiliki luas lebih dari 2 ribu meter dan masuk dalam jajaran 10 danau terbesar di dunia.

Danau Great Slave (28.930 km2)

Danau Great Slave merupakan danau terbesar ke 10 di dunia

Danau ini terletak di Kanada, Amerika Utara dengan kedalaman mencapai 614 meter dan keseluruhan total area mencapai lebih dari 28 ribu kilometer persegi. Nama Slavey berasal dari salah satu nama kelompok yang paling banyak tinggal di tempat tersebut, yaitu suku Dene, penduduk asli setempat.

Danau ini merupakan jenis danau glasial yang dipengaruhi oleh es dan gletser setempat. Hal ini terjadi karena danau great slave terletak pada zona dingin Kanada yang memiliki musim dingin cukup parah.

Penduduk sekitar memanfaatkan keberadaan danau tersebut untuk meningkatkan perekonomian mereka. Mata pencaharian penduduk di daerah tersebut, selain nelayan adalah pencari emas dan permata. Danau Great Slave juga mendapat predikat sebagai danau paling dalam di Amerika Utara.

 

Danau Malawi (30.044 km2)

Danau Malawi Merupakan Salah Satu Danau terbesar di dunia

Letak danau ini diapit tiga negara sekaligus, yakni Malawi, Tanzania, dan Mozambique. Masing-masing negara menamainya dengan nama yang berbeda, misalnya Danau Nyassa di Tanzania dan Danau Niassa di Mozambique.

Luas danau ini lebih dari 30 ribu kilometer dengan kedalaman mencapai 706 meter. Oleh karena itu, danau Malawi merupakan salah satu danau terbesar di dunia. Di benua Afrika sendiri, ia termasuk dalam tiga danau terbesar dan nomor dua yang paling dalam.

Terdapat lebih dari 1000 spesies ikan yang terdapat di danau ini, sehingga membuatnya sebagai danau dengan jumlah fauna terbesar di dunia. Air di Danau Malawi begitu bersinar sehingga sering disebut sebagai lake of stars.

 

Danau Great Bear (31.080 km2)

Danau Great Bear merupakan salah satu danau terbesar di Amerika Utara

Sebagai salah satu dari 10 danau terbesar di dunia, danau yang terletak di Kanada ini memiliki luas hingga 31 ribu kilometer persegi. Panjang danau ini adalah 320 km dengan lebar mencapai 175 km.

Sebagai tipe danau glasial ia memiliki ekosistem yang baik dengan air yang jernih. Sama seperti danau Great Slave, danau ini juga dipengaruhi oleh dinamika es dan gletser yang ada di Kanada.

Air yang terdapat di danau ini berasal dari anakan sungai yang berasal dari sungai terbesar di Kanada, yakni Sungai Mackenzie. Terdapat lima anak sungai sungai yang bergabung kedalam sungai ini yakni Dease, McViar, McTavis, Smith dan Keith.

Arti dan asal dari nama danau ini adalah beruang grizzly air. Nama ini berasal dari orang-orang yang tinggal di sekitar area tersebut.

 

Danau Baikal (31.500 km2)

Danau baikal merupakan salah satu danau terbesar di dunia dan yang terdalam di dunia

Terletak di Rusia, danau ini merupakan danau air tawar yang paling tua di dunia, dan telah ada sejak 25 juta tahun yang lalu. Lokasi tepatnya berada di daerah selatan Siberia, dan merupakan danau paling dalam di dunia, sebab kedalamannya mencapai 1.700 meter.

Dengan luas volume air mencapai 31.500 km2 ia menyumbang sekitar 20 persen total air tawar dunia.

Danau Baikal juga merupakan 10 danau terbesar di dunia yang tidak membeku dan termasuk jenis danau yang terbentuk karena perpindahan lempeng bumi.

Ia sering disebut sebagai Galapagos-nya Rusia karena umurnya yang tua dan tempatnya yang terisolir membuatnya memiliki fauna air yang tidak biasa. Selain itu, danau ini juga sangat indah karena belum tercemar oleh polutan industri dan pertanian.

 

Danau Tanganyika (32.893 km2)

Danau tanganyika merupakan salah satu danau terbesar di Afrika

Danau Tanganyuka memiliki lokasi yang cukup unik. Danau ini di himpit dan masuk ke dalam wilayah empat negara, yakni Burundi, Tanzania, Zambia, dan Republik Demokrasi Kongo.

Danau dengan luas total mencapai 32 ribu kilometer persegi ini merupakan danau terpanjang di dunia, yang jika diukur dari selatan ke utara, panjangnya mencapai 677 kilometer.

Karena terletak dalam jalur Great Rift Valley, kedalam danau ini mencapai 1,433 meter. Hal ini membuatnya menjadi salah satu danau terdalam di dunia.

Seperti sebagian besar danau di Afrika, Danau Tanganyika juga terbentuk karena pergeseran lempeng tektonik bumi. Ekosistem di danau tersebut, baik flora dan faunanya mencapai 2 ribu jenis lebih.

 

Danau Michigan (58.016 km2)

Danau Michigan merupakan salah satu danau terbesar di Amerika Utara

Terletak di Amerika Serikat, danau ini merupakan salah satu yang terbesar di wilayah Amerika Utara. Danau ini terletak di 4 negara bagian Amerika Serikat yaitu Indiana, Michigan, Wisconsin, dan Illinois. Keseluruhan danau ini terletak di teritori Amerika Serikat dan menjadi satu-saunya danau terbesar yang berada di satu negara.

Nama Michigan sendiri berasal dari bahwa setempat, yakni istilah Ojibwa yang berarti danau yang besar. Di sekitar danau Michigan, masyarakat tetap tinggal dan beraktifitas seperti biasa.

Sekitar 12 juta orang tinggal di sekelilingnya dan memanfaatkan danau tersebut untuk wisata dan kebutuhan air sehari-hari mereka.

 

Danau Huron (59.596 km2)

Danau Huron merupakan salah satu danau terbesar di Amerika utara

Peringkat ke empat dari 10 danau terbesar di dunia adalah Danau Huron yang terletak di dua wilayah, yakni Kanada dan Amerika Serikat. Danau ini memiliki luas hampi 60 ribu kilometer persegi.

Danau ini memiliki sekitar 30 ribu pulau kecil, dengan Manitoulin sebagai pulau yang paling banyak di kunjungi.

Danau ini merupakan salah satu danau dengan wilayah sekitar yang cukup padat penduduk, sekitar 12 ribu orang yang tinggal di sekelilingnya.

Sebagai pulau dari danau air tawar terbesar, Manitoulin sering dikunjungi oleh turis untuk menikmati pemandangan. Di danau tersebut lebih dari 100 pulau memiliki sumber air tawarnya sendiri.

 

Danau Victoria (69.485 km2)

Danau Victoria merupakan danau terbesar ketiga di dunia

Dikenal sebagai Victorian Nyanza, ia juga mendapatkan predikat sebagai danau terbesar di Afrika. Namanya berasal dari nama Ratu Victoria yang berasal dari Inggris.

Pemberian nama tersebut dilakukan oleh seorang warga Britania, John Hanning Speke. Dialah yang pertama kali mengeksplorasi dan menuliskan mengenai keberadaan danau tersebut.

Sungai yang mengaliri danau ini adalah Sungai Kagera, yang merupakan anak sungai Nil. Menurut sejarah, danau ini pernah kering dan hilang tiga kali sejak pertama kali terbentuk, yang terakhir terjadi pada 17 ribu tahun yang lalu, dan terisi kembali 3 ribu tahun kemudian, sekitar 14, 700 tahun yang lalu.

 

Danau Superior (82.414 km2)

Danau superior merupakan danau terbesar kedua di dunia

Danau yang menduduki peringkat ke 2 dari 10 danau terbesar di dunia ini terletak di negara Kanada dan Amerika Serikat. Ia merupakan danau terbesar ke di Amerika Utara dan terbagi dalam beberapa wilayah, yakni Ontario di Kanada dan Minnesota, Wisconsin serta Michigan di Amerika Serikat.

Danau ini menyediakan sekitar 10 persen air tawar di negara tersebut dan memiliki kedalaman hingga 400 meter. Danau ini memilik luas hingga 82 ribu kilometer persegi dan menjadi danau air tawar murni terbesar di dunia.

 

Laut Kaspia (371.000 km2)

Laut kaspia merupakan danau terbesar di dunia

Peringkat pertama danau terbesar di pegang oleh Laut Kaspia. Ia disebut dengan laut karena ukuranya yang sangat besar dan diisi oleh campuran air asin dan payau. Ia menjadi danau terbesar di dunia dengan luas sebesar 371 ribu kilometer persegi.

Setiap kilometer persegi laut Kaspia mengandung 78 ribu kubik air, dan menempati peringkat ketiga sebagai danau paling dalam di dunia. Laut Kaspia di kelilingi oleh beberapa negara yakni Rusia, Kazakhstan, Azerbaija, Turkmenistan, dan Iran.

Sayangnya, laut Kaspia kini mengalami penyurutan, airnya senantiasa berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini terjadi karena sungai-sungai yang mengalir kedalam laut Kaspia dibendung dan dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian kapas di Kazakhstan dan daerah sekitarnya.

Iqbal Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *