Keindahan Alam

5 Pulau Terbesar di Indonesia

Diposting pada

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau yang sangat banyak, terakhir, kita memiliki belasan ribu pulau baik yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni.

Namun, tidak semua pulau tersebut memiliki ukuran yang sama, ada yang kecil, ada pula yang besar. Indonesia bisa berbangga diri karena merupakan rumah bagi 3 diantara 10 pulau terbesar yang ada di dunia.

Kali ini, kita akan coba mengurutkan 5 pulau terbesar yang berada di Indonesia.

Pulau Jawa (126.700 km2)

Pulau Jawa merupakan pulau terbesar ke 5 di Indonesia

Nama Lain                        Java
Luas Wilayah                    126.700 km2
Puncak Tertinggi              Gunung Semeru
Ketinggian Tertinggi        3.676 m
Penduduk              136.610.590 jiwa

Jawa merupakan pulau terbesar ke 5 di Indonesia namun memiliki jumlah penduduk terbanyak. Oleh karena itu, Jawa menjadi salah satu pulau besar yang paling padat penduduk di Indonesia dan bahkan di seluruh dunia. Pulau ini merupakan rumah bagi hampir 60% total penduduk Indonesia.

Pulau jawa memiliki barisan pegunungan ditengah pulau ini yang cukup aktif secara vulkanis. Oleh karena itu, tanah-tanah di pulau Jawa sangat subur dan mendukung aktivitas pertanian. Pertanian di Jawa sendiri berfokus pada beras dan bahan pangan lainnya.

Karena memiliki jumlah penduduk paling banyak dan signifikansi ekonomi yang sangat tinggi, pulau Jawa menjadi primadona pembangunan infrastruktur nasional. Selain menguntungkan secara ekonomi, mayoritas konstituen atau pemilih dalam pemilu/pilkada tinggal di pulau Jawa.

Prinsip pembangunan ini sesuai dengan ideologi trickle down dan swash yang diprakarsai oleh Gunnar Myrdal dan Hirschman. Sayangnya, semenjak zaman Soeharto hingga sekarang, pembangunan ini gagal menurunkan ketimpangan di Indonesia, yang diukur dengan menggunakan GINI ratio.

Oleh karena itu, sekarang pemerintah di Indonesia sudah mulai menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan dan pembangunan di daerah-daerah pinggiran. Harapannya adalah pembangunan yang lebih merata ini dapat mengurangi tingkat ketimpangan di Indonesia.

 

Pulau Sulawesi (174.600 km2)

Pulau Sulawesi merupakan pulau terbesar ke 4 di Indonesia

Nama Lain                        Celebes
Luas Wilayah                    174.600 km2
Puncak Tertinggi              Gunung Rantemario
Ketinggian Tertinggi        3.478 m
Penduduk              17.371.782 jiwa

Pulau Sulawesi merupakan pulau yang berada di bagian Timur Indonesia. Dengan luas 174.000 km2, Sulawesi merupakan pulau terbesar ke 4 di Indonesia.

Pulau ini merupakan salah satu daerah yang cukup penting dalam sejarah kolonialisme Indonesia. Karena memiliki banyak rempah dan dekat dengan kepulauan Maluku yang menjadi sentra rempah Asia Tenggara, Sulawesi banyak digunakan oleh pedagang dan pemerintah kolonial eropa sebagai markas mereka.

Pulau Sulawesi sendiri memiliki bentang alam yang cukup berbukit-bukit. Hal ini menyebabkan seringnya terjadi angin fohn di sekitar pegunungannya. Selain itu, terdapat kesulitan pula untuk membangun kota-kota besar dengan kepadatan tinggi karena bentang alam yang kurang mendukung ini.

Sulawesi sendiri merupakan bagian dari zona flora dan fauna peralihan, atau kerap disebut sebagai zona Wallacea. Oleh karena itu, kita dapat menemukan banyak sekali hewan dan tumbuhan yang unik dan endemik di wilayah ini.

 

Pulau Sumatera (443.065 km2)

Pulau Sumatera merupakan pulau terbesar ketiga di Indonesia

Nama Lain                       Andalas
Luas Wilayah                   443.065 km2
Puncak Tertinggi              Gunung Kerinci
Ketinggian Tertinggi        3.805 m
Penduduk              50.630.931 jiwa

Pulau Sumatera merupakan pulau terbesar ke 3 di Indonesia namun merupakan pulau dengan jumlah penduduk terbanyak ke 2 di Indonesia. Artinya, kepadatan penduduk pulau sumatera relatif lebih tinggi dibandingkan dengan pulau-pulau besar lain di Indonesia, kecuali pulau Jawa.

Pulau Sumatera memiliki banyak sekali sumber daya alam tidak terbarukan, seperti batu bara dan minyak bumi. Namun, ini bukan berarti Sumatera kekurangan sumber daya alam hayati. Pulau ini juga memiliki banyak sekali hutan dan tanah yang subur untuk membangun perkebunan dan industri perhutanan yang cukup kuat.

Selain pulau Jawa, Sumatera merupakan pulau yang diprioritaskan dalam pembangunan infrastruktur. Sekalian memiliki penduduk yang banyak, perekonomian di Sumatera juga sudah cukup maju, sehingga investasi infrastruktur cenderung lebih menguntungkan.

 

Pulau Kalimantan (743.330 km2)

Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia

Nama Lain                       Borneo
Luas Wilayah                   743.330 km2
Puncak Tertinggi              Gunung Kinabalu
Ketinggian Tertinggi        4.095 m
Penduduk              13.787.831 jiwa

Pulau kalimantan merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia, dibawah pulau Papua. Namun, jika kita hanya menghitung luas wilayah yang ada di dalam administrasi Indonesia, maka Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia.

Pulau ini memiliki banyak sekali sumber daya alam, baik yang berupa hayati dalam bentuk sawit dan hutan produksi, maupun barang tambang. Kalimantan merupakan salah satu pulau produsen batu bara utama di Indonesia.

Terdapat 3 negara yang menghuni pulau Kalimantan, Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam, salah satu negara terkecil di Asia Tenggara. Namun, dari ketiga negara ini, Indonesia memiliki luas wilayah terbesar.

Kalimantan memiliki bentang alam yang relatif datar, meskipun begitu, pulau Kalimantan ditutupi oleh ratusan ribu kilometer hutan tropis. Hutan-hutan ini kerap disebut sebagai paru-paru dunia, sayangnya, sekarang sudah banyak yang ditebang untuk perkebunan sawit.

 

Pulau Papua (786.000 km2)

Pulau Papua merupakan pulau terbesar di Indonesia

Nama Lain                       New Guinea
Luas Wilayah                   786.000 km2
Puncak Tertinggi              Puncak Jaya (Pegunungan Jayawijaya)
Ketinggian Tertinggi        4.884 m
Penduduk              3.593.903 jiwa (Belum termasuk Papua Nugini)

Dengan luas sekitar 786.000 km2, pulau Papua merupakan pulau terbesar yang ada di wilayah Indonesia. Namun, tidak semua wilayah pulau papua berada di wilayah administrasi Indonesia, ada pula yang masuk kedalam wilayah administrasi Papua Nugini.

Pulau ini merupakan daerah paling timur di Indonesia yang langsung berhadapan dengan negara Papua Nugini dan berdekatan dengan Australia.

Papua memiliki bentang alam yang bergunung-gunung dan ditutupi oleh hutan yang lebat. Salah satu seven summits di dunia terdapat di wilayah ini, yaitu Puncak Jaya di pegunungan Jayawijaya.

Iqbal Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *