Madagaskar Merupakan Pulau Terbesar ke 4 di Dunia

10 Pulau Terbesar di Dunia Saat Ini

Terdapat banyak sekali pulau-pulau yang tersebar di lautan. Jika kita coba hitung, mungkin terdapat puluhan ribu pulau dari berbagai ukuran, mulai dari yang sangat besar dan ditinggali oleh ratusan hingga jutaan orang, hingga yang sangat kecil sehingga sulit untuk ditinggali oleh manusia.

Selain ukuran, pulau-pulau tersebut juga memiliki kondisi geografis, iklim, dan lingkungan yang berbeda-beda. Penasaran kan? Berikut ini adalah 10 pulau terbesar yang ada di dunia.

10. Pulau Ellesmere (196.236 km2)

Pulau Ellesmere merupakan pulau terbesar ke 10 di dunia
Pulau Ellesmere terletak di Provinsi Nunavut, Kanada (Wikipedia)

Pulau Ellesmere terletak di negara Kanada, dengan luas 196.236 km2, pulau ini merupakan pulau terbesar ke sepuluh di dunia serta terbesar ke tiga di Kanada.

Pulau ini terletak pada provinsi Nunavut dan didominasi oleh bentang alam pegunungan dan gletser. Daerah ini merupakan pulau dengan topografi paling bergunung-gunung di kepulauan Arktik.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai Pulau Ellesmere

  • Terdapat lapisan batuan sedimen di bagian utara Pulau Ellesmere yang berusia lebih dari 100.000 tahun
  • Pulau Ellesmere merupakan salah satu peninggalan zaman es terakhir
  • Puncak Barbeu merupakan puncak tertinggi di Provinsi Nunavut dengan ketinggian sekitar 2616 meter diatas permukaan laut
  • Tumbuhan Arctic Willow merupakan satu-satunya tumbuhan berkayu yang terdapat pada Pulau Ellesmere
 

9. Inggris Raya (209.236 km2)

Inggris Raya
Inggris Raya merupakan pulau terbesar di Kerajaan Bersatu/United Kingdom (HowStuffWorks)

Inggris Raya atau kerap disebut sebgai Great Britain merupakan sebuah pulau yang terletak di Eropa bagian Barat laut, lebih spesifiknya, pulau ini terletak di bagian utara negara Prancis, di seberang selat channel.

Pulau Inggris Raya merupakan pulau terbesar di Eropa. Pulau ini merupakan bagian dari Kerajaan Bersatu (United Kingdom) dan meliputi daerah otonom Skotlandia, Inggris, dan Wales.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai Inggris Raya

  • Inggris Raya dikelilingi oleh lebih dari 1000 pulau dan pulau kecil
  • Inggris Raya adalah daerah dengan jumlah penduduk terbanyak di Eropa
  • Manusia sudah tinggal di pulau Inggris Raya semenjak 500.000 tahun yang lalu
  • London merupakan kota terbesar di Inggris Raya
  • Iklim di Inggris Raya cenderung bersahabat namun memiliki banyak hujan, hal ini disebabkan oleh angin westerlies yang berhembus dari samudera Atlantik.
 

8. Pulau Victoria (217.291 km2)

Pulau Victoria, Kanada
Permukaan Pulau Victoria Didominasi oleh Salju dan Es (National Observer)

Pulau Victoria di merupakan pulau terbesar kedua di Negara Kanada dan Kepulauan Arktik. Pulau ini memiliki panjang 320 mil dan lebar 350-387 mil, oleh karena itu, pulau ini memiliki luas wilayah total sebesar 217.291 km2.

Pulau Victoria ditemukan oleh penjelajah berdarah Skotlandia bernama Thomas Simpson pada tahun 1838. Meskipun begitu, karena iklim kutub yang kurang bersahabat dan bentang alam yang dipenuhi es, salju, serta gletser, pulau ini tidak banyak ditinggali oleh manusia.

Berikut ini merupakan beberapa fakta menarik mengenai Pulau Victoria

  • Pulau ini dinamai Victoria untuk menghormati ratu Victoria
  • Tercatat pada tahun 2006, hanya terdapat 1875 orang yang tinggal di pulau ini
  • Pada bagian Barat Laut dari Pulau Victoria terdapat lubang bekas tumbukan meteor bernama Tunnunik Impact Crater. Lubang ini disinyalir terbentuk 130-135 juta tahun yang lalu karena tumbukan meteor.
 

7. Honshu (225.800 km2)

Pulau Honshu merupakan Pulau Terbesar di Jepang
Pulau Honshu Merupakan Pulau Terbesar di Negara Jepang (Gaijin Pot)

Terletak diantara Samudera Pasifik dan laut Jepang, pulau Honshu merupakan pulau terbesar di Jepang. Pulau ini merupakan saksi banyak peristiwa bersejarah, mulai dari Jepang yang terpecah-pecah menjadi berbagai macam negara (shogunate) hingga sekarang Jepang menjadi satu negara yang utuh.

Pulau ini memiliki Panjang 800 mil dan lebar 150 mil, sehingga luas wilayahnya adalah sejumlah 225.800 km2. Jika ditotalkan, pulau ini mencakup 60% wilayah daratan negara Jepang.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik mengenai pulau Honshu

  • Pulau Honshu merupakan rumah bagi beberapa kota paling penting di Jepang dan Asia seperti Tokyo, Kyoto, Yokohama, Hiroshima, dan Osaka
  • Pulau Honshu merupakan pulau dengan penduduk terbanyak kedua di dunia, setelah pulau Jawa
  • Gunung Fuji, gunung terbesar di Jepang, terletak di pulau ini
  • Danau Biwa, danau terbesar di Jepang, juga terletak di pulau ini
 

6. Pulau Sumatra (443.065 km2)

Sumatra Merupakan Pulau Terbesar Ketiga di Indonesia
Pulau Sumatra Merupakan Pulau Terbesar Ketiga di Indonesia (Mystoriestraveling)

Dengan luas 443.065 km2, pulau Sumatra merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia. Pulau ini juga merupakan pulau besar yang berlokasi paling barat di kepulauan Indonesia.

Pulau ini sangat rentan terhadap bencana gempa bumi karena terletak di zona subduksi lempeng indo-Australia dan lempeng Eurasia. Selain itu, gempa bumi yang besar juga dapat menyebabkan tsunami pada daerah pesisir, seperti yang terjadi pada Aceh pada tahun 2004.

Meskipun begitu, pulau Sumatra merupakan rumah bagi berbagai macam flora dan fauna yang menarik serta memiliki banyak kekayaan alam, baik itu sumber daya alam galian maupun hewani.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai pulau Sumatra

  • Dahulu, sebagian besar pulau Sumatra ditumbuhi oleh hutan hujan tropis. Namun, karena aktivitas eksplorasi sumber daya alam dan transmigrasi dari pulau Jawa, banyak hutan yang dialihkan menjadi lahan produksi ataupun perluasan kota.
  • Sumatra merupakan rumah bagi beberapa spesies hewan yang terancam punah seperti macan Sumatra, orangutan, badak, dan ground cuckoo atau burung tokhtor.
  • Bunga bangkai Rafflesia Arnodii merupakan bunga yang sangat langka dan endemic di wilayah Kalimantan dan Sumatra
  • Pulau Sumatra memiliki banyak deposit logam mulia seperti emas dan perak
  • Pulau Sumatra juga merupakan rumah bagi banyak tambang batubara, lahan sawit, serta kilang petrokimia.
 

5. Pulau Baffin (507.541 km2)

Pulau Baffin Merupakan Pulau Terbesar ke lima di Dunia
Pulau Baffin Merupakan Pulau Terbesar di Kanada dan Terbesar ke Lima di Dunia (Ultima Thule)

Pulau Baffin merupakan pulau terbesar di Kanada dan merupakan pulau terbesar ke 5 di dunia, pulau ini memiliki luas sebesar 507.541 km2.

Pulau Baffin terletak pada teritori Nunavut, yaitu di Kanada bagian utara, dekat dengan daerah akrtik. Oleh karena itu, pulau ini memiliki suhu yang sangat dingin. Suhu rata-rata pulau Baffin adalah -8 derajat Celsius.

Selain itu, pulau ini juga memiliki topografi yang cukup bergunung-gunung. Pulau Baffin memiliki banyak Fjords dan danau yang cukup menarik, sehingga berpotensi menjadi obyek wisata ataupun penelitian ilmiah.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai pulau Baffin

  • Pulau ini dinamai Baffin karena menghormati penjelajah berkebangsaan Inggris bernama William Baffin
  • Penghuni dan pengunjung pulau Baffin dapat menikmati pertunjukan aurora atau dikenal sebagai northern lights dengan jelas karena pulau Baffin terletak didalam lingkaran arktik
  • Terdapat banyak mamalia seperti beruang kutub, rubah arktik, dan lemming yang tinggal di pulau Baffin
  • Terdapat 2 taman nasional di pulau Baffin yaitu taman nasional Sirmilik dan Auyuittuq. Taman nasional ini memiliki banyak gletser, fjords, dan padang salju yang sangat indah
 

4. Madagaskar (587.713 km2)

Madagaskar Merupakan Pulau Terbesar ke 4 di Dunia
Madagaskar Adalah Pulau yang Sangat Indah dan Merupakan Pulau Terbesar ke 5 di Dunia (G Adventure)

Madagaskar adalah negara pulau yang terletak pada pesisir timur benua Afrika di samudera Hindia. Negara ini memiliki satu pulau utama yaitu pulau Madagaskar. Dengan luas 587.713 km2, pulau Madagaskar merupakan pulau terbesar ke 4 di dunia.

Pulau ini terbentuk 88 juta tahun yang lalu karena terjadi fenomena geologis yang memisahkannya dari sub-benua India. Pulau ini merupakan rumah bagi banyak sekali spesies hewan dan tumbuhan yang unik. Oleh karena itu, Madagaskar kerap disebut sebagai ‘benua kedelapan’ atau alternate world.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai pulau Madagaskar

  • Madagaskar merupakan rumah bagi lebih dari 250.000 spesies binatang, sebuah angka yang sangat fantastis, terlebih lagi karena 70% binatang tersebut tidak dapat ditemukan di bagian dunia lain
  • Madagaskar juga merupakan rumah bagi sekitar 9.100 jenis tumbuhan, dimana 90% dari tumbuhan tersebut endemik pada pulau Madagaskar
  • Madagaskar merupakan latar belakang dari film Madagascar (2005) dimana sekelompok hewan dari kebun binatang New York ingin kembali ke tempat asal mereka di sabana Afrika
  • Lemur yang berbentuk seperti kucing hanya dapat ditemukan di hutan-hutan pulau Madagaskar
  • Sistem koral Toliara yang berlokasi di Baratdaya pulau Madagaskar merupakan sistem koral terbesar ketiga di dunia.
 

3. Pulau Kalimantan (748.168 km2)

Kalimantan Merupakan Pulau Terbesar ke 3 di dunia
Kalimantan Merupakan Pulau Terbesar ke 3 di Dunia (Pinterest)

Pulau Kalimantan di Asia Tenggara merupakan satu-satunya pulau di dunia yang dikelola oleh 3 negara yang berbeda, Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Meskipun begitu, mayoritas pulau Kalimantan berada dalam wilayah negara Indonesia.

Dengan luas 748.168 km2, pulau Kalimantan menjadi pulau terbesar ketiga di dunia. Wilayah pulau ini kurang lebih 2 kali lipat wilayah negara Jerman.

Pulau Kalimantan sangat terkenal akan hutan hujan dan flora-fauna nya yang sangat eksotis. Dapat dibilang bahwa Kalimantan merupakan salah satu daerah dengan biodiversitas yang sangat tinggi. Selain itu, Kalimantan juga dipenuhi oleh sumber daya alam, mulai dari batubara, minyak, hingga logam mulia. Kalimantan merupakan salah satu daerah dengan sumber daya alam terkaya di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai pulau Kalimantan

  • Hutan hujan di Kalimantan berumur 130 juta tahun! Hutan hujan ini merupakan yang tertua di dunia dan memiliki biodiversitas yang sangat tinggi. Saat ini, lebih dari 15.000 spesies tumbuhan, 221 spesies mamalia, dan 420 spesies burung tinggal di hutan hujan Kalimantan.
  • Gunung Kinabalu, salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara terletak di pulau Kalimantan
  • Orangutan Kalimantan dan kelelawar buah Dayak yang terancam punah hanya tinggal di hutan hujan Kalimantan.
 

2. Pulau Nugini (785.735 km2)

Selain Memiliki Budaya yang Sangat Beragam, Pulau Nugini Juga Merupakan Pulau Terbesar Kedua di Dunia
Selain Memiliki Budaya yang Sangat Beragam, Pulau Nugini Juga Merupakan Pulau Terbesar Kedua di Dunia (New York Times)

Pulau Nugini terletak di samudera Pasifik bagian barat, pulau ini masuk kedalam wilayah administrasi negara Indonesia dan Papua Nugini. Pulau ini memiliki panjang 1.500 mil dan panjang 400 mil sehingga total luasnya adalah sebesar 785.735 km2. Dengan luas sebesar ini, Pulau Nugini merupakan pulau terbesar kedua di dunia.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai pulau Nugini

  • Pulau Nugini didominasi oleh perbukitan dan pegunungan yang tinggi. Puncak Jaya pada gunung Jayawijaya merupakan puncak tertinggi pulau Nugini dengan ketinggian 4.884 meter diatas permukaan laut
  • Manusia sudah tinggal di pulau Nugini semenjak 40.000 tahun yang lalu
  • Pulau Nugini memiliki banyak tambang emas dan tembaga, salah satunya adalah Grasberg yang merupakan salah satu tambang terbesar di Indonesia
  • Mayoritas spesies birds of paradise dapat ditemukan pada pulau Nugini
 

1. Greenland (2.130.800 km2)

Greenland Merupakan Pulau Terbesar di Dunia
Greenland Merupakan Pulau Terbesar di Dunia (Space 4 Peace)

Dengan luas wilayah total seluas 2.130.800 km2, Greenland merupakan pulau terbesar di dunia. Pulau ini terletak di samudera Atlantik bagian utara, sangat dekat dengan lautan Arktik di Kutub Utara. Greenland merupakan bagian dari negara Denmark, namun memiliki otonomi khusus.

Bentang lahan pulau Greenland didominasi oleh es, gletser, dan salju, bahkan, 80% permukaan pulau ini ditutupi oleh es dan gletser. Oleh karena itu, tidak banyak tempat yang dapat ditinggali oleh manusia, sehingga, populasi Greenland hanya 57.600 jiwa.

Berikut ini merupakan beberapa fakta menarik mengenai pulau Greenland

  • Greenland dianggap sebagai sebuah pulau, bukan benua karena hanya 57.600 orang yang tinggal pada wilayahnya yang sangat luas
  • Greenland memiliki lapisan es terbesar kedua di dunia, setelah Kutub Selatan
  • Fjord es Ilulissat di Greenland merupakan gletser terbesar di dunia yang tidak berada di wilayah kutub
  • Northeast Greenland National Park merupakan taman nasional yang terletak paling utara di dunia
  • Tidak terdapat jalan yang menghubungkan kota-kota kecil di Greenland
  • Berburu paus, anjing laut, dan menangkap ikan merupakan sumber pendapatan Utama bagi masyarakat Greenland
 

Australia?

Sebenarnya, Australia memiliki luas wilayah tiga kali lebih besar dari Greenland, selain itu, bentuknya juga seperti pulau bukan? Namun, mengapa Australia tidak dianggap sebagai pulau terbesar?

Hal ini terjadi karena Australia sudah dianggap sebagai sebuah benua, yaitu benua Australia. Oleh karena itu, Greenland tetap memegang tahta sebagai pulau terbesar di dunia, disusul oleh Pulau Nugini dan Kalimantan.

Iqbal Hakim

Tinggalkan komentar