10 Olahraga Terpopuler di Dunia: Lebih dari 4 Milyar Fans!

Olahraga terpopuler merupakan istilah untuk olahraga yang digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan masyarakat. Olahraga sendiri merupakan aktivitas yang bertujuan untuk mengasah kemampuan fisik seseorang. Namun, ada pula ‘olahraga’ baru seperti e-sports atau catur yang tidak mengasah kemampuan fisik namun kemampuan mental seseorang. Pada kesempatan ini, kita akan berfokus pada olahraga fisik.

Pada dasarnya, olahraga merupakan sebuah aktivitas yang dinikmati di seluruh dunia. Sebagai hobi, karir, atau hanya sebagai pelepas penat, olahraga senantiasa memiliki tempat di kegiatan sehari-hari setiap orang.

Beberapa jenis olahraga dimainkan oleh begitu banyak orang, sehingga mereka menjadi olahraga yang sangat populer dan terkenal di seantero bumi. Olahraga-olahraga ini umumnya memiliki peraturan-peraturan jelas sehingga dapat dimainkan oleh semua orang. Meskipun begitu, untuk menjadi hebat dalam permainan ini, kita harus berlatih dengan sangat keras.

Umumnya, olahraga-olahraga populer tersebut merupakan bagian dari kejuaraan olimpiade Olympic Games yang sangat prestisius. Olympic Games merupakan ajang unjuk gigi atlet-atlet dari seluruh dunia untuk membuktikan siapa yang terbaik.

Karena memiliki basis penggemar yang sangat banyak, olahraga-olahraga ini juga merupakan industry bernilai jutaan bahkan milyar-an dollar. Banyak sumber penghasilan yang dapat dimanfaatkan, contohnya adalah penjualan jersey, hak penayangan, tawaran sponsor, hingga wawancara eksklusif dengan atlet/tim terkait.

Berikut ini adalah daftar 10 olahraga terpopuler di seluruh dunia. Kali ini, popularitas kita ukur dengan menghitung jumlah penggemar olahraga tersebut.

10. Golf (450 juta penggemar)

Dengan 450 juta penggemar, Golf merupakan olahraga terpopuler ke 10 di seluruh dunia
Dengan 450 juta penggemar, Golf merupakan olahraga terpopuler ke 10 di seluruh dunia

Golf merupakan olahraga yang diperkirakan memiliki sekitar 450 juta penggemar dan merupakan olahraga terpopuler ke 10 di seluruh dunia. Olahraga ini sangat berpengaruh di wilayah Eropa Barat, Amerika Utara, dan Asia Timur.

Golf dimainkan dengan cara memukul bola agar bola tersebut masuk kedalam lubang. Atlet golf dapat menggunakan berbagai jenis pemukul untuk mendapatkan efek yang berbeda-beda. Ada yang didesain untuk pukulan jarak dekat, ada juga yang didesain untuk jarak jauh. Bahkan, tidak jarang pemukul tersebut dibuat khusus sesuai dengan keunikan tiap atlet Golf. Atlet yang dapat memasukkan bola dengan jumlah pukulan ter-sedikit memenangkan pertandingan.

Olahraga ini berasal dari Skotlandia sebelum menyebar ke Inggris Raya. Sekarang, olahraga golf sudah menyebar ke seluruh dunia.

 

9. Rugby (475 juta penggemar)

Rugby adalah olahraga yang sangat populer di Inggris dan negara-negara Commonwealth lainnya
Rugby adalah olahraga yang sangat populer di Inggris dan negara-negara Commonwealth lainnya

Rugby merupakan olahraga yang sangat berpengaruh di Inggris dan negara-negara persemakmuran (commonwealth) serta bekas-bekas negara jajahannya. Olahraga ini diprediksi memiliki penggemar sebanyak 475 juta orang di seluruh dunia.

Olahraga ini berasal dari Inggris yang sudah memainkan ini semenjak abad pertengahan. Rugby pun menyebar ke seluruh Kerajaan Bersatu (United Kingdom) dan pada akhirnya ke negara-negara jajahannya seperti Australia dan New Zealand.

Rugby dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 15 orang. Setiap tim bertugas untuk membawa bola ke garis akhir (end line) tim lawannya. Tim akan mendapatkan skor ketika bola yang mereka bawa berhasil melalui garis akhir tim lawan. Masing-masing tim dapat melakukan apa saja, mulai dari memegang dan membawa, menendang, hingga melempar bola tersebut.

 

8. Baseball (500 juta penggemar)

Baseball adalah olahraga yang sangat terkenal di Amerika Serikat

Baseball diprediksi memiliki 500 juta penggemar di seluruh dunia. Olahraga ini sangat populer di Amerika Serikat, Jepang dan negara-negara Karibia (caribbean). Pada dasarnya, baseball adalah olahraga tongkat dimana atlet baseball harus memukul bola sejauh mungkin agar dapat berlari dengan leluasa mengitari lapangan ke base akhir.

Permainan baseball terdiri dari 2 tim yang masing-masing beranggotakan 9 orang. Setiap tim bergantian memiliki tugas memukul dan tugas jaga base. Tim yang ditugaskan menjaga base harus menghalangi pemukul yang mencoba berlari mengitari lapangan ke base-base yang ada. Tim pemukul harus mengitari lapangan dan menyentuh tiap base agar dapat poin saat berhasil menyentuh base akhir (home base).

Beberapa jenis olahraga yang menjadi asal mula baseball dimainkan di Amerika Serikat hingga akhirnya baseball-lah yang mendapat popularitas nasional pada abad ke-19. Dari Amerika Serikat, olahraga ini menyebar ke seluruh dunia dan berevolusi menjadi permainan yang sekarang kita ketahui sebagai baseball.

 

7. Bola Basket (825 juta penggemar)

Bola basket adalah olahraga terpopuler ke 7 di dunia dengan 825 juta penggemar
Bola basket adalah olahraga terpopuler ke 7 di dunia dengan 825 juta penggemar

Basket merupakan salah satu olahraga dengan penggemar terbanyak di dunia, yaitu sekitar 825 juta penggemar. Olahraga ini juga berpengaruh di seluruh dunia, jika kita tanya, semua orang pasti mengetahui basket dan atlet-atlet besarnya seperti Kobe Bryant atau Michael Jordan.

Olahraga ini diciptakan oleh Dr. James Naismith pada tahun 1891 sebagai alternative bagi sepakbola. Dr. Naismith merasa bahwa bola basket merupakan olahraga yang lebih aman dan memiliki potensi kecelakaan fatal yang lebih rendah dibandingkan sepakbola. Olahraga ini juga dianggap lebih praktis karena dapat dimainkan di dalam ruangan (Indoor).

Bola basket dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang. Setiap tim harus memasukkan bola kedalam ‘gawang’ tim lawan untuk mendapatkan poin. Gawang tersebut berbentuk cincin yang menghadap secara vertical (lubangnya diatas) dan digantung pada ketinggian sekitar 10 kaki, atau sekitar 3 meter.

 

6. Tenis Meja/Ping-Pong (875 juta penggemar)

Pingpong berasal dari Inggris sebagai versi kecil dari permainan tenis
Pingpong berasal dari Inggris sebagai versi kecil dari permainan tenis

Tenis meja merupakan olahraga yang digemari banyak orang di seluruh belahan dunia. Diperkirakan, penggemar tenis meja berjumlah sekitar 875 juta orang, dengan penggemar sebanyak ini, tenis meja merupakan olahraga terpopuler ke 6 di dunia.

Olahraga ini berawal pada abad 19 di Inggris sebagai versi miniatur dari tenis biasa. Tenis meja juga dikenal dengan nama lainnya yaitu ping-pong yang sekarang menjadi sebutan sehari-hari untuk olahraga ini.

Ping pong dimainkan oleh dua tim yang dapat beranggotakan satu atau dua orang, memukul bola ringan melewati net, dengan menggunakan raket khusus. Negara-negara dengan tradisi tenis meja yang cukup kuat antara lain adalah China, Swedia, dan Korea Selatan.

 

5. Bola Voli (900 juta penggemar)

Voli merupakan olahraga yang sangat populer di Amerika Utara dan Eropa Barat
Voli merupakan olahraga yang sangat populer di Amerika Utara dan Eropa Barat

Bola voli merupakan olahraga yang sangat terkenal di Amerika Utara dan Eropa Barat. Diperkirakan, olahraga ini memiliki 900 juta orang penggemar di seluruh dunia. Olahraga ini diciptakan oleh William G Morgan pada tahun 1895 di Amerika Serikat. Morgan merupakan anggota Young Men’s Christian Association (YMCA) sebagai seorang instruktur. Dia menggabungkan elemen-elemen tenis, bola basket, hand ball, dan baseball untuk menciptakan olahraga bola voli.

Bola voli dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 6 orang. Setiap tim bertujuan untuk memasukkan bola kedalam lapangan lawan tanpa menyentuh net. Tim yang berhasil memasukkan bola hingga menyentuh tanah/dasar lapangan akan mendapatkan poin.

Setiap tim harus mencoba melakukan blocking agar bola tidak menyentuh dasar lapangan mereka, tiap tim juga harus melakukan serving dan smash sebagai upaya mendapatkan poin dan memenangkan pertandingan.

 

4. Tenis (1 milyar penggemar)

Tenis diduga berasal dari permainan-permainan bangsa Mesir, Yunani, dan Romawi pada zaman dahulu
Tenis diduga berasal dari permainan-permainan bangsa Mesir, Yunani, dan Romawi pada zaman dahulu

Olahraga tenis diperkirakan memiliki penggemar sebanyak 1 milyar orang. Olahraga ini juga terkenal di seluruh dunia, hampir semua orang mengenal Roger Federer atau Serena Williams, dua atlet tenis yang cukup terkenal.

Tenis diduga berasal dari berbagai games yang dimainkan oleh bangsa Mesir, Yunani, dan Romawi pada zaman dahulu. Namun, tenis yang kita ketahui sekarang bermula dari Prancis yang kemudian menyebar ke benua Eropa dan akhirnya seluruh dunia.

Olahraga ini dimainkan oleh dua tim beranggotakan satu ataupun dua orang tiap tim. Setiap tim harus memukul bola tenis melewati net dan memantul pada lapangan. Tim tersebut mendapatkan poin ketika tim lawan gagal mengembalikan bola tenis ke lapangan tim yang memukul.

 

3. Hoki/Hockey (2 milyar penggemar)

Terdapat banyak versi hoki di seluruh dunia, namun yang paling banyak penggemarnya adalah field hockey seperti gambar diatas
Terdapat banyak versi hoki di seluruh dunia, namun yang paling banyak penggemarnya adalah field hockey seperti gambar diatas

Hoki merupakan permainan yang terkenal di seluruh dunia dan memiliki penggemar sekitar 2 milyar orang. Permainan hoki memiliki pengaruh yang kuat di negara-negara Asia, Eropa, Afrika, dan Australia. Permainan ini pertamakali dimainkan di Inggris pada tahun 1800an dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Pada kasus ini, kita akan membahas mengenai field hockey.

Olahraga ini konsepnya mirip dengan sepakbola, bedanya adalah di hoki, para atlet menggunakan stik hoki untuk menggiring dan mengontrol bola. India, Australia, dan Pakistan adalah negara-negara dengan tim dan budaya hoki yang kuat.

Floorball yang sekarang cukup populer di sekolah-sekolah dan universitas merupakan salah satu adaptasi dari permainan hoki, yaitu floor hockey. Selain itu, ada banyak versi lainnya seperti ice hockey yang sangat populer di Amerika Utara, terutama Canada.

 

2. Cricket (2,5 milyar penggemar)

India, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, dan Australia adalah 5 negara dengan tradisi kriket yang sangat kental
India, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, dan Australia adalah 5 negara dengan tradisi kriket yang sangat kental

Cricket atau kerap disebut kriket di Indonesia adalah olahraga global dengan lebih dari 2,5 milyar penggemar di seluruh dunia. Olahraga ini memiliki pengaruh yang sangat kuat di Inggris dan negara-negara Commonwealth nya.

Olahraga Cricket berasal dari Inggris pada abad ke 16, olahraga ini sangat populer hingga akhirnya menjadi olahraga nasional pada abad ke 18. Sekarang, negara dengan budaya kriket yang sangat kuat adalah India, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, dan Australia.

Konsep olahraga ini mirip dengan baseball, dimana terdapat 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Tiap tim bertujuan mencetak sebanyak mungkin poin dengan mengelilingi lapangan dan mencetak skor. Ada tim yang bertugas menjaga dan mem ‘bowl’ bola, ada juga tim yang bertugas memukul dan berlari. Nanti, tugas ini berganti-ganti seiring dengan berjalannya permainan.

 

1. Sepakbola (4 milyar penggemar)

Sepakbola adalah olahraga terpopuler di dunia dengan 4 milyar penggemar
Sepakbola adalah olahraga terpopuler di dunia dengan 4 milyar penggemar

Sepakbola adalah olahraga terpopuler di dunia dengan penggemar yang berjumlah sekitar 4 milyar orang, kurang lebih setengah dari populasi dunia, dan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan olahraga terpopuler ke-3 yaitu hoki. Olahraga ini juga memiliki lingkup internasional, hampir semua orang mengetahui dan mengenal atlet-atlet sepakbola. Siapa yang tidak mengenal David Beckham, Messi, Ronaldo, Zidane, Ibrahimovic, Rooney, Gerrard, Torres, Lampard, dan masih banyak lagi. Mereka bagaikan artis superstar yang dikenal semua orang.

Sepakbola diduga berasal dari China pada abad ke 2 masehi. Bangsa Romawi, Yunani, dan Jepang juga diyakini sebagai kandidat asal-usul sepakbola yang memungkinkan. Namun, sepakbola seperti yang kita ketahui sekarang bermula dari Inggris dan menyebar ke bagian dunia lain seiring dengan adanya globalisasi dan pertukaran budaya antar negara.

Olahraga ini lebih populer di Eropa dan Amerika, terutama Amerika Latin dan Selatan, dibandingkan dengan daerah lainnya. Sepakbola terdiri dari 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Setiap tim harus menjaga gawang mereka agar tidak kemasukan bola, tim yang gawangnya kebobolan akan membuat tim lawannya mendapatkan tambahan satu poin (gol). Tim dengan gol terbanyak dalam suatu pertandingan akan dinyatakan sebagai pemenangnya.

Tinggalkan komentar