10 Negara Terkaya di Dunia Pada Tahun 2019

Negara terkaya di dunia merupakan istilah untuk negara yang memiliki kekayaan atau kesejahteraan masyarakat paling tinggi dibandingkan dengan negara lainnya. Tapi, bagaimana cara kita tahu kekayaan dari suatu negara?

Umumnya, kekayaan dan kesejahteraan suatu negara diukur dengan menggunakan Gross Domestic Product (GDP) atau dikenal sebagai produk domestik bruto (PDB) di Indonesia. PDB merupakan jumlah akhir semua produk yang dihasilkan oleh suatu negara, semakin besar nilai produk yang dihasilkan, semakin besar pula PDB negara tersebut.

Kali ini, kita akan menggunakan PDB PPP atau purchasing power parity. PPP melakukan pembobotan pada PDB tiap negara, sesuai dengan kemampuan membeli dari mata uang tersebut. Tentu saja harga sebuah burger di Indonesia berbeda dengan di Amerika, oleh karena itu, nilai $1 pun akan berbeda di tiap negara, aspek inilah yang dibobotkan oleh PPP.

Berikut ini adalah 10 negara terkaya di dunia jika dihitung menggunakan pendekatan purchasing power parity.

10. Amerika Serikat ($65.112/Capita)

Perekonomian Amerika Serikat didukung oleh sektor keuangan di New York dan teknologi di California
Perekonomian Amerika Serikat didukung oleh sektor keuangan di New York dan teknologi di California

Jika kita perhatikan, umumnya negara-negara terkaya di dunia memiliki jumlah penduduk yang sedikit. Namun, negara terbesar ketiga dunia ini menolak tren tersebut, dengan jumlah penduduk sekita 310 juta orang, Amerika Serikat memiliki PDB per kapita sejumlah $65.112, sebuah angka yang fantastis.

Salah satu alasan mengapa Amerika Serikat sangat kaya adalah karena sektor ekonominya yang sudah sangat maju. Selain memiliki industri otomotif dalam negri yang cukup besar (GM, Ford), Amerika Serikat juga senantiasa mendorong perkembangan teknologi dengan kawasan-kawasan seperti sillicon valley dan segitiga inovasi.

Ideologi pemerintahan di Amerika Serikat juga sangat mendukung pertumbuhan ekonomi yang pesat. Individualisme dan materialism disandangkan dengan etos kerja yang keras serta glorifikasi entrepreneurship berhasil menciptakan banyak start-up yang sukses di Amerika.

 

9. Swiss ($66.196/Capita)

  • PDB: $715,36 milyar
  • Pertumbuhan PDB: 0,8 %
  • Angka Pengangguran: 4,9 %
Kota Zurich dan Geneva di Swiss merupakan salah satu kota dengan standar hidup terbaik di dunia
Kota Zurich dan Geneva di Swiss merupakan salah satu kota dengan standar hidup terbaik di dunia

Perekonomian negara dengan produk domestik bruto sebanyak $66.196 per kapita ini ditopang oleh dua sektor yaitu perbankan dan jasa finansial. Kedua sektor ekonomi tersier tersebut merupakan kartu as Swiss karena bank dan institusi finansial Swiss identik dengan kualitas dan kerahasiaan yang sangat tinggi. Tidak heran penjahat pada film-film intelijen seperti james bond umumnya memiliki rekening bank Swiss.

Saat ini, sebagian besar orang-orang terkaya di dunia memiliki rekening bank Swiss yang mereka gunakan untuk menyimpan uang. Mengapa mereka mau menyimpan di Swiss? Alasannya banyak, mulai dari kerahasiaan, aturan pajak yang lebih ringan, atau ingin melakukan diversifikasi tabungan. Oleh karena itu, Swiss memiliki banyak sekali uang yang dapat diinvestasikan kembali.

Zurich dan Geneva, dua kota besar di Swiss senantiasa mendapatkan predikat sebagai kota dengan standar hidup terbaik di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa selain kaya, rakyat Swiss juga hidup dengan nyaman dan sejahtera.

 

8. Kuwait ($66.387/Capita)

  • PDB: $137,59 milyar
  • Pertumbuhan PDB: 0,6 %
  • Angka Pengangguran: 2,2 %
Ekonomi Kuwait ditopang oleh sektor perminyakannya yang kuat
Ekonomi Kuwait ditopang oleh sektor perminyakannya yang kuat

Kuwait merupakan negara kecil di semenanjung Arab, negara ini memiliki penduduk sebanyak 4.6 juta jiwa. Seperti mayoritas negara di daerah tersebut, ekonomi Kuwait didominasi oleh sektor perminyakan.

Kuwait memiliki cadangan minyak yang sangat besar, diduga cadangan minyaknya mencapai 101.500 juta barrel, atau peringkat ke 6 dunia untuk cadangan minyak terbesar. Kuwait juga merupakan produsen minyak yang sangat besar, menempati peringkat 9 dunia, dibawah UAE.

Namun, Kuwait menyadari bahwa mereka tidak dapat senantiasa bergantung kepada minyak untuk menggerakkan ekonominya. Oleh karena itu, Kuwait juga mulai menumbuhkan sektor-sektor ekonomi lain seperti jasa finansial dan perbankan. Diversifikasi sangat penting untuk dilakukan oleh Kuwait, terutama karena sumber pendapatannya adalah komoditas yang fluktuatif harganya.

 

7. Uni Emirat Arab ($69.435/Capita)

  • PDB: $405,77 milyar
  • Pertumbuhan PDB: 1,6%
  • Angka Pengangguran: 2,6%
UAE sedang mencoba mendiversifikasi perekonomiannya agar tidak bergantung pada minyak dan gas alam
UAE sedang mencoba mendiversifikasi perekonomiannya agar tidak bergantung pada minyak dan gas alam

Dubai, salah satu emirate dan kota terbesar dari Uni Emirat Arab (UAE) kerap dipandang sebagai simbol kekayaan dan kesejahteraan. Bagaimana tidak, bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa dan salah satu hotel termegah di dunia, Burj al Arab berada di kota ini.

Reputasi ini bukannya tanpa dasar, memang benar bahwa UAE adalah salah satu negara terkaya di dunia, hal ini dibuktikan dari pendapatan per kapitanya yang mencapai $69.435, sebuah angka yang besar.

Perekonomian UAE didominasi oleh gas alam, namun, proses diversifikasi ekonomi sudah berjalan sejak lama. Sekarang, UAE memiliki sektor pariwisata, konstruksi, dan manufaktur yang sudah cukup berkembang. UAE sendiri sekarang sangat gencar mempromosikan dirinya sebagai destinasi wisata untuk shopping dan aktivitas-aktivitas pelesiran lainnya.

 

6. Norwegia ($76.684/Capita)

Norwegia merupakan negara Scandinavia terkaya di dunia
Norwegia merupakan negara Scandinavia terkaya di dunia

Norwegia merupakan negara kecil dengan penduduk sekitar 4,9 juta. Namun, negara ini juga merupakan negara Scandinavia terkaya dengan pendapatan per kapita mencapai $76.648. Norwegia merupakan salah satu negara yang senantiasa dianggap memiliki kualitas hidup tinggi, melambangkan kesejahteraan warganya yang baik.

Perekonomian Norwegia disokong oleh perikanan, eksploitasi sumber daya alam, dan eksplorasi minyak. Norwegia merupakan salah satu negara produsen minyak terbesar di dunia. Uniknya, negara ini juga merupakan salah satu negara pengekspor minyak terbesar, karena Norwegia sendiri tidak banyak mengkonsumsi minyak.

 

5. Brunei Darussalam ($80.384/Capita)

  • PDB: $12,46 milyar
  • Pertumbuhan PDB: 1,8 %
  • Angka Pengangguran: 9,2 %
Brunei Darussalam merupakan negara kecil dengan sumber daya minyak dan gas yang besar
Brunei Darussalam merupakan negara kecil dengan sumber daya minyak dan gas yang besar

Brunei, sebuah kesultanan kecil yang terletak di pulau Kalimantan ternyata merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Negara ini memiliki PDB sebesar $80.384 per kapita, sebuah angka yang sangat besar mengingat negara ini bergantung pada sumber daya alam yang tidak terbarukan.

Mayoritas pendapatan negara Brunei berasal dari industri minyak dan gas alam. Sejauh ini, belum banyak upaya yang ditempuh pemerintah Brunei untuk melakukan diversifikasi pendapatan negara.

Meskipun kaya, Brunei bukan merupakan negara yang dianggap sejahtera, terdapat ketimpangan yang besar antar lapisan masyarakatnya. Pada kenyataannya, hanya segelintir masyarakat yang menghasilkan $80.000 per tahun, mayoritas masyarakat Brunei memiliki pendapatan yang jauh lebih kecil.

 

4. Irlandia ($83.399/Capita)

  • PDB: $384,94 milyar
  • Pertumbuhan PDB: 4,3 %
  • Angka Pengangguran: 5,3 %
Perekonomian Irlandia didorong oleh sektor tekstil, pemrosesan makanan, dan pertambangan
Perekonomian Irlandia didorong oleh sektor tekstil, pemrosesan makanan, dan pertambangan

Irlandia, atau kerap disebut sebagai emerald isle merupakan negara terkaya ke 4 di dunia. Negara ini memiliki PDB per kapita sebesar $83.399, dengan jumlah penduduk sebanyak 4,8 juta jiwa, sebuah angka yang cukup fantastis.

Perekonomian Irlandia disokong oleh 3 industri yaitu industri pemrosesan makanan, tekstil, dan pertambangan. Negara ini merupakan salah satu diantara beberapa negara kaya yang memiliki perekonomian yang cukup terdiversifikasi seperti Amerika Serikat. Menariknya, saat ini, dalam ranking OECD (Organization of Economic Cooperation and Development), Irlandia juga menempati posisi ke 4.

 

3. Singapura ($103.181/Capita)

  • PDB: $362,82 milyar
  • Pertumbuhan PDB: 0,5 %
  • Angka Pengangguran: 3,6 %
Singapura merupakan negara terkaya ke 3 di dunia
Singapura merupakan negara terkaya ke 3 di dunia

Singapura merupakan sebuah microstate, atau negara kecil yang sangat kaya, tercatat, pada tahun 2019, PDB per kapita negara ini mencapai $103.181, sebuah angka yang fantastis.

Perekonomian negara ini disokong oleh industri pengolahan dan ekspor bahan kimia serta industri jasa finansial. Selain itu, kebijakan Singapura yang sangat progresif, pro-bisnis, dan mendukung inovasi turut menjadi katalis pertumbuhan jumlah bisnis yang berada di negara ini.

Singapura juga memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, yaitu Port of Singapore yang menjadi pusat perdagangan antar negara. Pada tahun 2011, pelabuhan ini menjadi tempat transit bagi barang-barang senilai $414 milyar, lebih banyak dari PDB Singapura saat ini.

 

2. Luxembourg ($108.951/Capita)

  • PDB: $191,85 milyar
  • Pertumbuhan PDB: 2,6 %
  • Angka Pengangguran: 5,4 %
Luxembourg memiliki industri perbankan yang sangat besar dan berpengaruh di Eropa
Luxembourg memiliki industri perbankan yang sangat besar dan berpengaruh di Eropa

Luxembourg, salah satu negara terkecil di dunia merupakan negara terkaya ke 2 di dunia dengan pendapatan per kapita mencapai $108.951. Negara ini terletak di Eropa, lebih tepatnya pada titik pertemuan antara tiga negara, Prancis, Belgium, dan Jerman.

Perekonomian Luxembourg yang sangat kuat merupakan buah hasil dari industri bank dan jasa finansialnya yang sangat aktif, kebijakan fiskal yang mendukung pertumbuhan, serta sektor industri dan pengolahan baja yang kuat.

Saat ini, industri perbankan Luxembourg merupakan kontributor terbesar bagi PDB negara ini. Bank-bank tersebut diperkirakan memiliki aset total sejumlah $1,24 trilyun, jauh lebih besar dari PDB Luxembourg.

 

1. Qatar ($132.886/Capita)

  • PDB: $191,85 milyar
  • Pertumbuhan PDB: 2 %
  • Angka Pengangguran: 0,1 %
60% Produk Domestik Bruto Qatar disumbang oleh sektor perminyakan
60% Produk Domestik Bruto Qatar disumbang oleh sektor perminyakan

Qatar merupakan negara terkaya di dunia dengan pendapatan per kapita mencapai $132.886. Sebuah angka yang sungguh fantastis, mengingat angka ini hampir dua kali lebih besar dibandingkan peringkat 10 yaitu Amerika Serikat.

Perekonomian Qatar ditunjang oleh industri perminyakannya yang sudah sangat maju. Diperkirakan, industri minyak Qatar menyumbang 70% dari pendapatan pemerintahnya, 60% dari PDB, dan 85% dari pendapatan ekspornya.

Meskipun memiliki PDB yang tidak terlalu besar, penduduk Qatar hanya berjumlah 2 juta orang, sehingga PDB per kapitanya pun tinggi. Hampir semua masyarakat Qatar hidup berkecukupan dengan standar kehidupan yang tinggi.

Namun, Qatar harus berhati-hati karena ekonominya dibangun atas eksplorasi komoditas yang dapat habis. Jika tidak direncanakan dengan baik, ketika minyak mengalami krisis harga atau bahkan reservoir minyak Qatar mengering, perekonomian negara ini dapat runtuh. Oleh karena itu, sangat diperlukan langkah-langkah diversifikasi ekonomi bagi Qatar, seperti yang sudah dilakukan Kuwait dan UAE sejak lama.

 

Referensi

International Monetary Fund (Data PDB/Capita)

World Bank (Data Angka Pengangguran)

Iqbal Hakim

Latest posts by Iqbal Hakim (see all)

Tinggalkan komentar