10 Mata Uang Termahal Dunia: Mata Uang dengan Nilai Tertinggi di Dunia 2020

Diposting pada

Nilai tukar mata uang adalah suatu ukuran yang membedakan nilai suatu mata uang di suatu negara jika dibandingkan dengan mata uang negara lain. Mengetahui nilai tukar atau yang juga disebut dengan kurs akan membantu Anda dalam menyusun keuangan saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Uang memiliki fungsi yang beragam dan sangat penting. Fungsi utamanya adalah sebagai alat tukar dan alat ukur. Alat tukar maksudnya adalah dengan menggunakan uang, setiap orang akan lebih mudah saat ingin mendapatkan barang-barang yang diinginkan.

Sementara fungsinya sebagai alat ukur, dengan adanya nilai intrinsik dan nilai relatif dari suatu mata uang, maka kita juga akan mampu menentukan besarnya nilai dari suatu barang. Karena itu, mengetahui nilai tukar mata uang menjadi hal penting agar Anda bisa memanfaatkan kedua fungsi tersebut.

Dari sekian banyak negara di dunia, mungkin sebagian orang berpikir bahwa mata uang termahal atau tertinggi adalah Dollar Amerika atau Poundsterling. Padahal, hal tersebut tidaklah benar, ada beberapa mata uang dunia dengan nilai bahkan lebih tinggi.

Nah, berikut ini adalah 10 mata uang tertinggi di dunia, jika dikonversikan dalam nilai mata uang Rupiah.

10. Dolar Kanada (10.481,85 IDR)

Dolar kanada adalah mata uang dengan nilai tukar tertinggi ke 10 di dunia

Posisi terakhir urutan mata uang dengan nilai tertinggi di dunia adalah Dolar Kanada (CAD). Jika dikonversikan ke nilai Dolar Amerika, nilai tukar 1 CAD (Dolar Kanada) sama dengan 0,72 USD. Sedangkan jika dikonversikan ke mata uang Rupiah, nilai 1 CAD sama dengan Rp 10.481,85.

Selain menempati posisi ke-10 sebagai mata uang tertinggi, Dolar Kanada ini juga menjadi mata uang cadangan terbesar dengan posisi ke lima di dunia.

Mata uang dari Negara Kanada ini juga sering disebut dengan ‘loonie’, yaitu menjadi bentuk penghormatan terhadap burung yang tercetak di koin 1 Dolar Kanada.

9. Dolar AS (14.709,48 IDR)

Dollar Amerika Serikat merupakan mata uang dengan nilai tukar tertinggi ke 9 di dunia

Meskipun bukan di urutan teratas, namun Dolar AS masih masuk dalam 10 mata uang tertinggi di dunia urutan ke-9. Nilai mata uang Dolar AS jika dikonversikan ke mata uang Rupiah, setiap 1 Dolar AS bernilai Rp 14.709,48. Inilah yang membuatnya berada di urutan ke-9.

Selain itu, Dolar AS adalah ‘Mata Uang Cadandan Dunia’, yang artinya mata uang ini bisa digunakan sebagai alat pembayaran dimanapun. Mata uang ini juga menjadi pilihan sebagai mata uang penukar yang bisa ditukar dengan mata uang di berbagai negara.

8. Franc Swiss ( 15.144,30 IDR)

Swiss Franc merupakan mata uang termahal ke 8 di dunia

Di urutan ke-8 ada mata uang dari negara Swiss yang dikenal sebagai Franc Swiss. Nilai tukarnya terhadap Dolar AS adalah 1,03 USD. Sedangkan 1 CHF setara dengan nilai Rp 15.144,30.

Nilai mata uang Swiss bisa tinggi sebab negara ini adalah negara dengan perekonomian yang stabil sekaligus salah satu dari negara terkaya di dunia.

Selain itu, Swiss juga jarang melakukan kebijakan finansial yang menurunkan nilai uang seperti mencetak uang ataupun devaluasi/revaluasi mata uang.

Swiss juga dikenal sebagai negara dengan sistem bank dengan kerahasiaan tinggi. Bank Swiss identik dengan kerahasiaan dan kualitas layanan yang sangat tinggi. Bahkan, saat perang dunia kedua, banyak negara-negara yang menyimpan emasnya di Swiss.

7. Euro Eropa (16.030,08 IDR)

Euro merupakan mata uang termahal ke 7 di dunia

Euro merupakan mata uang dari Uni Eropa. Mata uang ini digunakan oleh hampir semua negara yang tergabung dalam Uni Eropa, seperti Prancis, Jerman, Austria, dan Denmark.

Karena sistemnya terpusat, maka nilai tukar dan kebijakan-kebijakan finansial lainnya dikontrol oleh bank sentral Uni Eropa. Hal ini membuat negara-negara anggotanya terikat terhadap keputusan apapun yang dibuat.

Namun, nilai tambahnya adalah mata uang Euro akan lebih stabil, karena negara-negara anggota terpaksa mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh bank sentral Uni Eropa.

Jika dikonversikan, nilai 1 EUR setara dengan 1,10 USD dan setara dengan Rp 16.030,08. Mata uang ini selama beberapa tahun terakhir terus menguat, bahkan menjadi salah satu mata uang paling kuat di dunia.

Kekuatan mata uang EUR ini terbukti dengan predikatnya sebagai ‘Cadangan Mata Uang’ ke-2 dunia. Artinya, sekitar 22,2% dari keseluruhan mata uang cadangan di dunia berada dalam bentuk Euro.

6. Dolar Kepulauan Cayman (17.938,55 IDR)

Dollar kepulauan Cayman merupakan mata uang dengan nilai tukar tertinggi ke 6 di dunia

Mata uang ini mungkin belum familiar, namun Dolar Kepulauan Cayman (KYD) ini justru menempati posisi ke-6 dalam 10 mata uang tertinggi di dunia. 1 KYD senilai dengan 1,22 USD atau Rp 17.938,55.

Penyebab Dolar Cayman menjadi salah satu mata uang tertinggi karena negara ini menjadi salah satu dari negara dengan suaka pajak terbaik dunia.

Cayman juga menyediakan lisensi untuk sejumlah besar bank, perusahaan asuransi dan dana lindung nilai. Oleh karena itu, banyak sekali dana asing yang masuk kedalam perusahaan-perusahaan dan sistem finansial Kepulauan Cayman.

5. Pound Sterling Inggris (17.914,67 IDR)

Pound Sterling adalah mata uang termahal ke 5 di dunia

Mayoritas orang menganggap bahwa mata uang dengan nilai tertinggi di dunia adalah Pound Sterling milik Kerajaan Bersatu (United Kingdom). Namun, ternyata masih banyak mata uang yang memiliki nilai lebih tinggi dari uang resmi Inggris Raya ini.

Poundsterling memang tidak menempati urutan teratas sebagai mata uang tertinggi. Namun mata uang negara Inggris ini masih berada dalam 5 besar mata uang termahal di dunia. 1 GBP (Poundsterling Inggris) senilai dengan 1,23 USD atau senilai dengan Rp 17.914,67.

Negara-negara Koloni Inggris menerbitkan sendiri uang kertasnya. Bentuk visualnya pun berbeda dengan uang yang diterbitkan oleh Bank of England. Meskipun begitu, setiap 1 lembarnya tetap bernilai 1 Pound Sterling.

Oleh karena itu, terdapat beberapa Pound Sterling yang beredar, seperti yang dimiliki oleh Skotlandia, Irlandia Utara, Manx, Jersey, Guernsey, dan Gibraltar.

Uniknya, tidak semua orang Inggris menerima ‘pound’ lain sebagai metode pembayaran. Hanya British Pound Sterling lah yang diterima di semua daerah.

4. Dinar Yordania (20.747,43 IDR)

Dinar yordania adalah mata uang termahal ke 4 di dunia

Secara ekonomi, negara Yordania memang tidak begitu berkembang. Negara ini bahkan juga tidak banyak mempunyai sumber daya alam minyak atau gas alam yang bernilai ekspor tinggi.

Uniknya, mata uangnya justru termasuk dalam 10 besar mata uang dengan nilai tukar tertinggi.

Nilai 1 Dinar Yordania (JOD) setara dengan 1,41 USD dan jika dibandingkan dengan nilai Rupiah, maka 1 JOD sama dengan 20.746,43 rupiah. Jika dilihat dari kurs ini, maka wajar jika Dinar Yordania (JOD) mendapat predikat sebagai mata uang dengan nilai tukar tertinggi ke 4 di dunia.

3. Rial Oman (38.257,20 IDR)

Rial oman adalah mata uang dengan nilai tukar tertinggi ketiga di dunia

Berikutnya ada mata uang dari Negara Oman, yaitu Rial Oman (OMR). Negara yang terletak di Semenanjung Arab ini memiliki lokasi yang cukup strategis. Karena itu, kualitas hidup masyarakatnya sangat baik dan perekonomiannya pun termasuk ekonomi yang berkembang.

Sama seperti dinar Bahrain, rial Oman juga di-peg terhadap dollar Amerika Serikat. 1 Rial Oman (OMR) setara dengan 2,60 USD dan jika dibandingkan dengan mata uang Rupiah, 1 OMR bernilai 38.257,20 Rupiah.

Karena daya beli dari mata uang ini yang sangat tinggi, maka pemerintah pun harus mengeluarkan uang kertas senilai 1/4 dan 1/2 Rial untuk memudahkan transaksi sehari-hari.

2. Dinar Bahrain (39.122,05 IDR)

Dinar bahrain adalah mata uang termahal kedua di dunia

Posisi kedua daftar 10 mata uang tertinggi di dunia adalah Dinar Bahrain (BHD). Setiap 1 Dinar Bahrain memiliki nilai tukar yang setara dengan 2,66 USD atau jika dikonversikan kedalam mata uang Rupiah senilai dengan Rp 39.122,05.

Sumber perekonomian utama dari negara Bahrain adalah ekspor minyak, yang juga menjadi sumber pendapatan terbesar. Hal ini membuat bahrain menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan standar hidup yang sangat tinggi.

Uniknya, dinar Bahrain nilai tukarnya dipatok terhadap nilai tular Dolar AS. Jika kita perhatikan, nilai tukarnya memang sangat tinggi. Nilai ini bahkan sudah bertahan dan tetap stabil sejak tahun 2005.

1. Dinar Kuwait (47.611,98 IDR)

Dinar Kuwait adalah mata uang dengan nilai tukar tertinggi di dunia

Mata uang dengan nilai tertinggi di dunia adalah Dinar Kuwait (KWD). Nilai tukarnya terhadap Dolar AS adalah 3,24 USD dan nilai tukar terhadap Rupiah adalah 47.611,98 Rupiah per 1 KWD.

Meskipun tergolong negara kecil, kekayaan negara ini terbilang sangat melimpah, terutama minyak bumi dan gas alam. Nilai tukar mata uangnya yang tinggi, salah satunya disebabkan karena aktivitas pengolahan dan ekspor minyak bumi yang sangat signifikan di pasar global.

Produksi minyak buminya yang cukup maju, serta perekonomian yang sejauh ini sangat stabil turut berperan meningkatkan nilai tukar dari Dinar Kuwait. Saat ini, Dinar Kuwait merupakan mata uang dengan nilai tukar tertinggi di dunia.

Itulah daftar 10 mata uang tertinggi di dunia. Nilai yang disebutkan di atas dikonversikan ke dalam nilai mata uang Dolar AS serta nilai Rupiah untuk memudahkan.

Dari penjelasan di atas, tidak semua negara yang memiliki nilai mata uang tinggi adalah negara maju. Namun umumnya, nilai tukar mata uang dinilai dari kestabilan dan kualitas perekonomiannya.

 

Referensi

Xe Currency Converter

Iqbal Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *