10 Danau Terdalam di Indonesia

Diposting pada

Danau terbentuk karena adanya aliran sungai, mata air dan gletser yang mencair. Selain dijadikan tempat wisata, danau juga menjadi sarana kebutuhan penduduk sekitar seperti pengairan sawah, PLTA, produksi air minum, budidaya perikanan dan masih banyak lagi. Walaupun mayoritas berair tawar adapun yang memiliki air tawar dan asin.

Selain danau alami, ada juga danau buatan yang dibangun oleh manusia yakni dengan cara membendung sungai. Sejumlah danau di Indonesia tentu mempunyai kedalaman yang berbeda-beda mulai dari 4 meter hingga ratusan meter. Berikut 10 Danau terdalam di Indonesia yang perlu diketahui.

Waduk Gajah Mungkur (136 meter)

Waduk gajah mungkur adalah salah satu danau terdalam di Indonesia

Waduk gajah mungkur adalah salah satu danau buatan terbesar di Jawa Tengah yang terletak di kabupaten Wonogiri. Pembuatan waduk ini digunakan untuk membendung sungai Bengawan Solo yaitu sungai terpanjang di pulau Jawa.

Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1970 an. Hingga saat ini waduk tersebut masih beroperasi untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari, yaitu irigasi dan pembangkit listrik tenaga air skala menengah untuk wilayah sekitarnya.

Dengan luas yang mencapai 8.800 hektar danau buatan ini mampu mengairi daerah Sukoharjo, Klaten, Sragen dan Karanganyar. Selain itu, waduk ini juga telah menghasilkan listrik sebesar 12,4 megawatt serta menjadi pemasok air minum warga sekitar.

Danau buatan ini juga merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia dengan kedalaman mencapai 136 meter.

 

Danau Maninjau (169 meter)

Danau Maninjau adalah salah satu danau terdalam di Indonesia

Danau Maninjau merupakan sebuah danau vulkanik yang terletak di kabupaten Agam, Sumatra Barat. Danau ini mencakup wilayah yang cukup luas yaitu sekitar 99,5 km persegi.

Danau ini berada pada ketinggian yang cukup tinggi yatu sekitar 461,50 mdpl. Konon katanya danau ini merupakan cekungan yang terbentuk akibat letusan gunung Sitinjau.

Hal itu dapat dilihat oleh sekeliling bukit danau yang menyerupai dinding. Di samping itu, terbentuknya danau tersebut sangat berkaitan erat dengan kisah legenda Bujang Sembilan.

Hingga saat ini perairan Maninjau telah menjadi sumber air untuk sungai Batang Asri Antokan. Danau ini juga kerap digunakan sebagai sumber penghidupan bagi masyarakat sekitarnya.

Dengan kedalaman mencapai 169 meter, danau Maninjau merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia.

 

Danau Segara Anak (190 meter)

Danau Segara Anak merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia

Danau Segara Anak adalah salah satu danau terdalam di Indonesia dengan kedalaman 190 meter. Danau yang terletak di kawah Gunung Rinjani ini memiliki mendapatkan namanya dari bahasa lokal yang berarti anak laut. Nama ini disematkan lantaran airnya yang berwarna biru, seperti laut.

Karena terletak di kawah gunung Rinjani, danau ini tergolong kedalam danau dataran tinggi, ketinggiannya mencapai 2000 mdpl. Danau ini berlokasi di Nusa Tenggara Barat lebih tepatnya di pulau Lombok.

Apabila pendaki menaiki Gunung Rinjani, pasti mereka akan melewati kawah danau ini. Di dalamnya terdapat berbagai jenis ikan yang dikembangbiakkan oleh pemerintah.

Selain bertujuan untuk menambah daya tarik wisata tersendiri bagi masyarakat yang sedang melintas. Program ini juga diharapkan dapat menjadi sumber penghidupan masyarakat sekitar dan menjaga kualitas ekosistem lokal.

 

Danau Towuti (203 meter)

Danau Towuti juga merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia

Danau terdalam berikutnya terletak di kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Dengan kedalaman mencapai 203 meter, danau Towuti merupakan salah satu danaut terdalam di Indonesia.

Danau ini berada pada ketinggian 293 mdpl dengan luas sekitar 56.000 hektar. Selain dimanfaatkan sebagai sumber mata air, perairan ini juga digunakan untuk keperluan PLTA, perikanan, navigasi, ekowisata, serta irigasi pertanian lokal.

Danau Towuti telah dijadikan Taman Wisata Alam yang dikelola BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) dan Departemen Kehutanan RI. Di tengah-tengah danau tersebut berdiri 5 pulau yang sangat menawan diantaranya pulau Bolong, pulau Kembar dan pulau Loeha.

Oleh karena itu, danau Towuti merupakan salah satu objek wisata yang cukup menarik di daerah Luwu Timur Sulawesi Selatan.

 

Danau Ranau (229 meter)

Danau Ranau merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia

Danau Ranau termasuk dalam daftar 10 Danau terdalam di Indonesia, danau ini memiliki kedalaman sekitar 229 meter. Danau yang terletak di Sumatera Selatan ini terbentuk akibat adanya letusan gunung berapi dan gempa yang dahsyat. Sehingga membuat cekungan yang begitu besar hingga luasnya mencapai 125,9 km.

Tak hanya dijadikan sebagai sumber mata air, danau ini juga dimanfaatkan nelayan untuk mencari ikan seperti mujair, kepor, kepiat dan harongan. Selain itu, di tengah danau tersebut terdapat sebuah pulau Marissa yang memiliki sumber air panas.

Oleh karena itu, danau Ranau merupakan salah satu danau yang cukup penting di wilayah Sumatera Selatan. Selain sebagai sumber irigasi dan air bersih bagi daerah sekitarnya, danau ini juga menjadi sumber penghidupan masyarakat.

 

Danau Singkarak (268 meter)

Danau Singkarak merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia

Danau Singkarak merupakan danau terbesar kedua di Sumatra yang mencapai luas 107,8 km dan kedalaman sekitar 268 meter. Danau ini juga merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia.

Danau yang terletak di kabupaten Solok, Sumatra Barat ini juga memiliki PLTA lho! Air danau tersebut dialirkan untuk menggerakkan generator yang berada di dekat Lubuk Apung, kabupaten Padang Pariaman untuk menghasilkan listrik bagi wilayah sekitarnya.

Danau ini terbentuk dari hasil proses tektonik yang telah dipengaruhi Sesar Sumatra. Cekungan danau Singkarak terbentuk dari amblesan yang diakibatkan oleh pergerakan Sesar Sumatra. 

Sesar sumatra sendiri merupakan sebuah subduksi antara lempeng indo-australia dengan lempeng Eurasia.

 

Danau Dibawah (309 meter)

Danau Dibawah merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia

Berada di posisi 4 dari 10 Danau terdalam di Indonesia terdapat sebuah danau yang memiliki nama yang cukup unik yaitu Dibawah atau yang dikenal sebagai danau Kembar.

Danau ini terletak di Sumatra Barat, lebih tepatnya di Kabupaten Solok. Danau Dibawah memiliki kedalaman mencapai 309 meter, luas 11,2 km dan berada di ketinggian 1462 mdpl.

Menariknya, danau ini dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang indah. Sehingga tak heran jika tempat yang satu ini telah dijadikan destinasi wisata alam.

Belum lagi berbagai aktivitas disana yang dapat dinikmati pengunjung seperti olahraga air, tracking, outbond dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, danau ini turut menjadi andalan industri wisata dan akomodasi lokal.

 

Danau Poso (450 meter)

Danau Poso merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia

Danau Poso yang terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Selatan ini ternyata merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia lho! Danau ini memiliki kedalaman sekitar 450 meter, luas 512 km persegi, serta berada pada ketinggian 657 mdpl.

Yang menjadi ciri khas danau ini yaitu terdapat sebuah pasir berwarna kuning keemasan serta gelombang yang seperti laut. Danau ini memiliki aliran keluar yang mengalir menuju sungai Poso hingga ke Teluk Tomini di kota Poso.

Selain dikelilingi perbukitan dan hutan, danau ini memiliki berbagai spesies ikan yang berada di dalamnya. Tak hanya ikan-ikanan saja, disana juga terdapat siput air tawar, udang dan kepiting. 

Dapat dibilang bahwa danau Poso memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi dan patut untuk dijaga kelestariannya.

 

Danau Toba (529 meter)

Danau Toba merupakan salah satu danau terdalam dan terbesar di Indonesia

Danau Toba berada di peringkat kedua dari 10 danau terdalam di Indonesia. Danau yang sangat terkenal ini ternyata memiliki kedalaman yang cukup tinggi yakni mencapai 529 meter.

Selain dalam, danau Toba juga sangat luas, diperkirakan luas danau ini mencapai 3.000 km persegi. Saking luasnya, danau ini berada di beberapa wilayah administrasi sehingga kerap membingungkan dalam urusan administrasinya.

Berada di tengah danau tersebut berdiri sebuah pulau vulkanik atau yang biasa disebut pulau Samosir. Hingga saat ini, pulau Samosir masih ditinggali penduduk suku Batak Samosir dan menjadi destinasi favorit wisatawan saat berkunjung.

Danau Toba ini merupakan salah satu ikon pariwisata di Sumatera Utara. Oleh karena itu, banyak masyarakat lokal yang menggantungkan hidupnya pada aktivitas wisata di danau ini.

 

Danau Matano (590 meter)

Danau Matano merupakan danau terdalam di Indonesia

Danau terdalam di Indonesia yang berada di posisi teratas adalah danau Matano, sebuah perairan yang terbentuk akibat pergeseran tektonik. Danau yang tertetak di Sulawesi Selatan ini memiliki kedalaman mencapai 590 meter, jauh lebih dalam dari danau-danau lain di Indonesia.

Saking dalamnya, bahkan danau Matano tergolong sebagai danau terdalam di Asia Tenggara dan menjadi salah satu danau terdalam di dunia.

Danau ini berada di ketinggian 382 mdpl serta memiliki luas sekitar 224 km persegi. Oleh karena itu, danau Matano juga merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia.

Selain itu, danau ini juga termasuk sebagai danau tertua berdasarkan analisis karakteristik endapan. Sehingga kawasan ini telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam yang dimanfaatkan untuk rekreasi alam dan pariwisata.

Itulah 10 Danau terdalam di Indonesia yang memiliki keunikan dan karakteristiknya masing-masing.

Selain digunakan untuk sarana kebutuhan masyarakat sehari-hari, danau juga telah dijadikan tempat wisata alam. Bahkan ada juga para wisatawan luar yang kerap mengunjungi danau-danau tersebut.

Iqbal Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *