10 Danau Terdalam di Dunia

Diposting pada

Danau merupakan salah satu keindahan alam yang menjadi salah satu daya tarik dan destinasi wisata suatu negara. Terdapat ribuan danau yang tersebar luas di dunia.

Masing-masing memiliki panorama serta keunikannya sendiri. Ada yang sangat cetek ada pula yang sangat dalam. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki kedalaman hingga lebih dari 1 kilometer.

Dari banyaknya danau tersebut, ada beberapa yang memiliki air asin, sehingga banyak yang menjulukinya sebagai laut yang terkurung dalam daratan.

Berikut 10 danau terdalam di dunia yang sangat unik dan memiliki karakteristinya tersendiri.

Danau Matano (590 meter)

Danau matano merupakan salah satu danau terdalam di dunia dan terdalam di Indonesia
  • Kedalaman: 590 m
  • Letak: Indonesia

Tidak hanya Toba yang menjadi danau terdalam di Indonesia, namun ada juga danau lainnya yaitu Matano. Danau yang terletak di Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman 590 meter.

Danau ini juga cukup luas, total wilayah perairannya mencakup area seluas 164,1 km2. Selain bermanfaat bagi pariwisata, danau matano juga sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, baik sebagai sumber air maupun sebagai sumber penghidupan.

Danau Matano merupakan danau yang berasal dari aktivitas bumi yang mengalami patahan di masa Pleosen. Cekungan ini sudah terdapat dari jutaan tahun yang lalu dan merupakan danau purba yang masih ada hingga sekarang.

 

Danau Crater (594 meter)

Danau Crater memiliki kedalaman 594 meter sehingga merupakan salah satu danau terdalam di dunia
  • Kedalaman: 594 m
  • Letak: Amerika Serikat

Danau crater atau crater lake adalah danau yang berada di negara bagian Oregon, Amerika Serikat. Danau yang memiliki air jernih dan berwarna biru ini terbentuk karena Gunung Mazama yang meletus pada tahun 7.700 tahun yang lalu.

Danau ini juga cukup unik karena terdapat pulau kecil yang berada di tengah danau. Pulau tersebut dikenal sebagai Pulau Wizard dan menjadi salah satu daya tarik danau ini.

Dengan kedalaman mencapai 594 meter, Crater merupakan danau paling dalam di negara Amerika Serikat dan salah satu yang terbesar di benua Amerika.

Uniknya, danau ini tidak memiliki anak sungai yang mengisi cekungan hasil erupsi tersebut. Air yang terdapat di danau ini hampir semuanya berasal dari salju yang mencair tiap tahunnya.  

 

Danau Great Slave (614 meter)

Danau great slave di Kanada merupakan salah satu danau terdalam di dunia
  • Kedalaman: 614 m
  • Letak: Kanada

Great Slave merupakan danau terpesar yang berada di Amerika Utara, tepatnya di negara Kanada. Danau yang memiliki kedalaman hingga 614 meter dan luas 27.200 km2 ini merupakan danau terdalam kedua di benua Amerika.

Selain dalam, danau ini juga sangat luas, bahkan danau Great Slave merupakan salah satu danau terbesar di dunia. Danau ini memiliki banyak sekali manfaat bagi masyarakat disekitarnya yang menggantungkan penghidupannya pada danau ini.

Danau ini memiliki nama yang cukup unik, slave jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya budak. Namun, ternyata bukan ini artinya, tetapi nama slave berasal dari bangsa Slavey yang bermukim di area sekitar danau ini.

Keindahan alam yang sangat menakjubkan membuat para wisatawan selalu datang ke Danau Great Slave pada musim semi hingga panas. Namun, pengunjung jarang hadir saat musim dingin, karena danau ini akan tertutup es selama 8 bulan lamanya dalam satu tahun.

Air yang mengisi danau tersebut berasal dari Sungai Hay, Taltson, Slave, Yellowknife, Lockhart, Stark, dan sungai-sungai lain yang berada disekitarnya. Sehingga debit air pertahunnya akan mencapai 1.580 km3.

Banyak sekali nelayan beraktifitas di danau ini untuk mencari ikan trout yang menjadi ikon dari wilayah ini. Oleh karena itu, selain signifikan secara wisata, danau ini juga sangat signifikan secara ekonomi.

 

Danau Issyk Kul (668 meter)

Danau Issyk Kul merupakan salah satu danau terdalam di dunia Foto oleh Thomas Depenbusch
  • Kedalaman: 668 m
  • Letak: Kirgizstan

Danau Issyk Kul merupakan sebuah danau endorheic yang terdapat pada barisan pegunungan di sebelah timur laut Kirgizia, yaitu Pegunungan Tian Shan.

Endorheic sendiri artinya adalah sebuah cekungan yang tidak memiliki saluran sehingga tidak dapat mengalir ke sungai atau saluran-saluran lainnya.

Dengan kedalaman sekitar 668 meter serta luas area 6.332 km2, danau Issyk Kul menjadi salah satu danau terdalam di dunia. Hal tersebut juga menjadikan Issyk Kul sebagai danau terbesar kedua yang berada pada sebuah pegunungan.

Selain itu, danau Issyk Kul juga merupakan danau yang diisi oleh air asin. Hal ini terjadi karena mineral garam yang terlarut dalam aliran runoff hujan mengendap di danau ini. Oleh karena itu, danau Issyk Kul menjadi danau terbesar kedua yang diisi oleh air asin setelah Laut Kaspia.

Arti dari Issyk Kul adalah danau hangat. Banyak yang meyakini kalau danau ini terbentuk karena meluapnya air sumur dan menenggelamkan empat kota besar di daerah tersebut.

 

Danau Malawi (706 meter)

Danau Malawi merupakan salah satu danau terdalam di dunia
  • Kedalaman: 706 m
  • Letak: Mozambik, Tanzania, Malawi

Danau Nyasa atau Malawi merupakan danau yang tercipta karena sebuah pemisahan lempeng dari aktivitas tektonik bumi. Danau ini terletak di benua Afrika dan wilayahnya meliputi tiga negara yaitu Mozambik, Tanzania, dan Malawi.

Danau dengan kedalaman 706 meter ini merupakan salah satu danau terbesar dan terdalam di benua Afrika. Selain ukurannya yang besar, danau ini juga memiliki kontribusi yang besar kepada kehidupan masyarakat sekitarnya.

Selain sebagai sumber air, masyarakat setempat juga mencari ikan dan memanfaatakan danau ini sebagai sumber penghidupan. Banyaknya habitat ikan air tawar yang hidup di sini membuat sungai ini sangat diandalkan oleh para nelayan.

Salah satu sungai terbesar, yaitu Ruhuhu mengalir ke Danau Nyasa. Serta aliran sungai keluar dari bagian danau ini adalah Sungai Shire. Secara umum, danau ini disuplai oleh sungai-sungai disekitarnya serta runoff dari air hujan.

 

Danau O’Higgins-San Martin

Danau O'Higgins atau San Martin merupakan salah satu danau terdalam di dunia
  • Kedalaman: 836 m
  • Letak: Chile, Argentina

Dengan kedalaman mencapai 836 meter, danau O’Higgins-San Martin merupakan danau terdalam ke lima di dunia. Danau ini terletak di daerah gurun Patagonia, salah satu gurun terbesar di dunia yang berlokasi di wilayah Chile dan Argentina.

Danau ini memiliki dua nama yang berbeda di kedua negara tersebut, di Chile, danau ini dikenal sebagai lago O’Higgins sedangkan di Argentina dikenal sebagai lago San Martin. Kedua nama ini berasal dari pejuang kemerdekaan di kedua negara tersebut.

Danau ini airnya dipasok oleh sungai Mayer dan sungai-sungai kecil lainnya yang berhubungan. Danau ini juga memiliki sungai keluar yaitu sungai Paschua yang nantinya bermuara di samudera Pasifik.

 

Danau Vostok

Danau Vostok berada dibawah lapisan es
  • Kedalaman: 1.000 m
  • Letak: Antarktika

Danau Vostok yang terletak di benua Antarktika ini merupakan danau terdalam ke empat di bumi. Danau ini mengambil namanya dari stasiun riset Vostok milik Rusia yang terletak didekatnya.

Danau ini cukup unik karena sepenuhnya berada dibawah tutupan es. Oleh karena itu, danau Vostok hanya dapat diakses oleh jalur-jalur tertentu, tidak dapat langsung diakses dari permukaannya.

Air danau Vostok senantiasa berada pada tekanan yang tinggi dan kegelapan total karena berada dibawah lapisan es. Selain itu, air disini juga sangat kaya akan oksigen dan nitrogen, sehingga sangat subur dan bernutrisi.

Sekarang ini, danau Vostok merupakan salah satu objek riset yang cukup hangat karena terdapat banyak mikroorganisme kecil yang hidup di lapisan-lapisan terbawah danau ini. Hal ini diharapkan dapat menciptakan penemuan-penemuan hebat di bidang bakteriologi dan ilmu biologi.

 

Laut Kaspia (1.025 meter)

Laut kaspia merupakan danau terbesar di dunia
  • Kedalaman: 1.025 m
  • Letak: Rusia, Iran, Kazakhstan, Turkmenistan, Azerbaijan

Laut Kaspia merupakan sebuah danau yang sangat luas dan dikelilingi oleh 5 negara. Saking luasnya, danau ini mencakup wilayah 5 negara yaitu Rusia, Iran, Kazakhstan, Turkmenistan, dan Azerbaijan.

Alasan danau ini disebut sebagai laut adalah karena ukurannya yang sangat besar serta memiliki air yang asin. Selain itu, danau kaspia juga memiliki daratan yang berpasir layaknya sebuah pantai. Dengan luas 371.000 km2 membuat danau ini dinobatkan sebagai danau terluas di dunia.

Danau ini telah menjadi habitat untuk ikan sturgeon yang tidak boleh di ambil secara berlebihan karena akan merusak ekosistem alam yang berada di area tersebut.

Selain menjadi danau terluas, dengan kedalaman mencapai 1 kilometer membuat Laut Kaspia menjadi danau paling dalam urutan ketiga di dunia.

Sayangnya, air yang berada di danau Kaspia semakin berkurang. Hal ini terjadi karena input airnya semakin berkurang karena digunakan untuk pertanian dan perkebunan oleh negara-negara disekitarnya.

Oleh karena itu, bisa jadi dalam beberapa tahun lagi, danau Kaspia akan berkurang drastis luas wilayahnya.

 

Danau Tanganyika (1.470 meter)

Danau Tanganyika merupakan salah satu danau terdalam di dunia
  • Kedalaman: 1.470 m
  • Letak: Kongo, Tanzania, Burundi, Zambia

Dengan kedalaman mencapai 1.470 meter, danau terdalam kedua di dunia adalah danau Tanganyika. Cekungan ini terletak di wilayah Afrika Tengah dan masih berada di sekitar zona Great Rift Valley benua Afrika.

Sebagai salah satu danau terbesar di dunia, danau Tanganyika dikelilingi oleh empat negara besar di Afrika, yaitu Kongo, Tanzania, Burundi, dan Zambia.

Keempat negara ini sangat mengandalkan danau ini untuk menunjang penghidupan sehari-hari dari masyarakatnya. Selain sebagai sumber penghidupan ekonomi, danau ini juga berperan besar dalam transportasi dan pariwisata.

Sungai Ruzizi dan Malagarasi merupakan aliran utama dari danau tersebut. Sehingga banyak sekali spesies ikan yang berkumpul di Tanganyika. Tidak hanya ikan saja namun, terdapat berbagai macam spesies ular air bahkan buaya sekalipun.

Danau Tanganyika merupakan salah satu danau yang memiliki biodiversitas dan keberagaman ekosistem yang sangat tinggi di benua Afrika.

 

Danau Baikal (1.637 meter)

Danau Baikal merupakan danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 1.637 meter
  • Kedalaman: 1.637 m
  • Letak: Rusia

Rusia memiliki danau paling dalam dan juga paling tua sedunia, yakni danau Baikal. Danau ini memiliki volume air tawar yang sangat besar, hingga 23.600 km3. Jika dihitung-hitung, danau ini menampung sekitar 20% total air tawar yang ada di permukaan bumi.

Danau ini terletak di Rusia bagian Timur atau lebih tepatnya di bagian selatan wilayah Siberia. Banyak orang lokal sering menyebutnya dengan Ozero Baikal atau Dalai-Nor yang berarti ‘Laut Suci’.

Memiliki air yang sangat jernih dan panorama alam yang memukau, menjadikan Baikal sebagai destinasi wisata yang sangat terkenal bagi masyarakat lokal. Bahkan, banyak wisatawan dari luar wilayah yang datang hanya untuk melihat danau ini.

Bersihnya air ini karena terdapat spesies crustasea yang dapat menyaring lumut serta bakteri. Salah satu hewan endemik yang paling terkenal di Danau Baikal adalah Nerpa, jenis anjing laut air tawar.

Itulah daftar 10 danau terdalam di dunia yang menarik untuk dibahas. Selain dapat dijadikan lokasi wisata, danau-danau tersebut nyatanya memiliki peran penting dalam memasok cadangan air tawar bagi masyarakat sekitar serta menjadi simpul transportasi lokal hingga regional.

Iqbal Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *