10 Danau Terbesar di Indonesia

Diposting pada

Indonesia memiliki aneka ragam budaya dan kekayaan alam. Salah satunya yakni danau-danau yang tersebar dari ujung barat hingga timur.

Danau-danau tersebut memiliki beraneka ragam sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk sekitar. Bahkan, beberapa tersebut memiliki nilai historis yang tercatat dan diakui oleh dunia.  

Banyak danau di Indonesia yang cukup terkenal karena dijadikan sebagai objek wisata. Hal ini disebabkan oleh airnya yang sangat bersih dan bebas dari polusi. Selain itu, ekosistem sekitarnya juga masih relatif asri.

Berikut 10 danau terbesar di Indonesia yang sangat dikenal dunia karena ekosistem yang patut untuk dilestarikan serta memiliki nilai keindahan yang sangat menarik.

Danau Maninjau (99,5 km2)

Danau Maninjau adalah danau terbesar kesepuluh di Indonesia
Danau Maninjau Sumatera Barat (Indradi Soemardjan)

Luas area 99,5 km2
Kedalaman 105 m
Letak Kabupaten Agam, Sumatra Barat

Danau terbesar kesepuluh di Indonesia adalah Danau Maninjau yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dekat dengan kota Bukittinggi. Danau Maninjau merupakan sebuah danau vulkanik yang terbentuk akibat erupsi gunung berapi di masa lampau.

Danau tersebut diperkirakan terbentuk sekitar 52.000 tahun silam. Maninjau dapat diartikan sebagai ‘mengamati’ yang berasal dari bahasa suku Minangkabau.

Danau Maninjau merupakan hulu dari sungai Batang Sri Antokan yang mana masyarakat sekitar memanfaatkan hulu tersebut sebagai pembangkit listrik.

Selain itu danau ini telah menjadi salah satu destinasi wisata lokal maupun mancanegara. Sehingga terdapat banyak rumah singgah dan rumah makan yang berjajar di area sekitar danau.

 

Danau Sentani (104 km2)

Danau Sentani di Papua merupakan danau terbesar ke sembilan di Indonesia
Danau Sentani, Papua (Kiko Turteliny)

Luas area 104 km2
Kedalaman 52 m
Letak Jayapura, Papua

Danau Sentani merupakan danau yang terbentuk dari pergeseran kerak bumi yang berupa sebuah bendungan tanah longsor. Danau Sentani sudah ada sejak tiga ribu tahun silam. 

Danau ini terletak dibawah kaki Pegunungan Cyclops. Arti dari kata Sentani menurut penduduk setempat yaitu sebagai ‘tempat tinggal yang damai’.

Danau Sentani banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sarana irigasi pertanian, sarana industri, serta tempat untuk budidaya ikan. Danau Sentani juga sebagai tempat hidupnya hiu gergaji serta ikan pelangi yang tidak terdapat di daerah lain.

Banyaknya ekosistem yang terdapat pada Danau Sentani menjadikan tempat destinasi wisata bagi turis-turis mancanegara. Setiap bulan Juni, para wisatawan yang berkunjung ke Danau Sentani akan dimanjakan dengan Festival Danau Sentani.

 

Danau Singkarak (107,8 km2)

Danau Singakrak merupakan danau terbesar ke delapan di Indonesia
Danau Singkarak dan Sungai Ombilin (University of Leiden)

Luas area 107,8 km2
Kedalaman 268 m
Letak Solok, Sumatera Barat

Danau Singkarak merupakan danau yang terletak di antara Kabupaten Tanah Datar dan Solok yang terbentuk dari aktivitas tektonik yang terdampak dari pengaruh Sesar Sumatera. Akibatnya, terbentuk sebuah cekungan yang saat ini menjadi sebuah danau.

Danau Singkarak merupakan hulu dari sungai Batang Ombilin. Danau tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk menggerakkan generator pembangkit listrik Singkarak.

Ikan Bilih merupakan salah satu spesies ikan yang terdapat pada Danau Singkarak. Ikan bilih ini merupakan salah satu hewan endemik yang tinggal di danau Singkarak.

 

Danau Ranau (125,9 km2)

Danau Ranau Merupakan danau Terbesar ke 7 di Indonesia
Danau Ranau (Suhopese)

Luas area 125,9 km2
Kedalaman 174 m
Letak Lampung, Sumatera Selatan

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Danau tersebut terbentuk dari gempa bumi dan erupsi gunung berapi Seminung. Terdapat satu pulau di tengah-tengah danau tersebut, yaitu Pulau Marisa.

Danau Ranau banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber pencaharian alam serta sebagai objek wisata. Terdapat sumber air panas yang terdapat di Pulau Marisa yang dijadikan salah satu tujuan wisata di danau ini.

 

Danau Paniai (154 km2)

Danau Paniai adalah danau terbesar ke 6 di Indonesia
Danau Paniai di Papua merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia (Bernard Agapa)

Luas area 154 km2
Kedalaman 44 m
Letak Kabupaten Painai, Papua

Danau Paniai merupakan salah satu danau yang terkenal karena keindahan alamnya. Danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi dan aktivitas tektonik. Danau yang dulu bernama Wessel ini merupakan habitat dari ikan-ikan air tawar.

Banyak masyarakat lokal memanfaatkan danau tersebut sebagai mata pencaharian mereka. Karena keindahan ditawarkan oleh Danau Paniai, maka tak heran kalau danau tersebut dijadikan salah satu objek wisata lokal maupun mancanegara.

 

Danau Matano (164,1 km2)

Danau Matano merupakan danau terdalam di Asia Tenggara dan danau terbesar ke 5 di Indonesia
Danau Matano, Sulawesi Selatan (Basecamppetualang)

Luas area 164,1 km2
Kedalaman 590 m
Letak Sulawesi Selatan

Danau Matano merupakan danau yang terbentuk dari patahan akibat aktivitas tektonik yang terjadi sekitar 4 juta tahun silam. Danau Matano merupakan danau tertua dan mendapat julukan danau terdalam di Asia Tenggara.

Ekosistem yang terdapat pada Danau Matano sangat beragam dari flora maupun fauna. Danau Matano juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai pembangkit listrik, sumber air minum, tempat pariwisata, hingga sarana transportasi.

 

Danau Poso (323,2 km2)

Danau Poso merupakan danau terbesar ke 4 di Indonesia
Danau Poso, Poso Sulawesi Tengah (Bagas Chrisara)

Luas area 323,2 km2
Kedalaman 450 m
Letak Poso, Sulawes Tengah

Dnau Poso merupakan salah satu dari danau tektonik terdalam di Indonesia. Danau tersebut merupakan aliran keluar utama dari Sungai Poso. Danau Poso merupakan sebuah tempat habitat untuk hewan-hewan yang terancam punah.

Masyarakat sekitar memanfaatkan Danau Poso sebagai sarana pariwisata, tempat budidaya ikan, serta digunakan langsung sebagai air minum. Terdapat sebuah taman anggrek liar yang berada di sekitar desa yang ada di situ.

 

Danau Tempe (350 km2)

Danau Tempe merupakan salah satu danau terdalam di Indonesia
Danau Tempe, Sengkang Sulawesi Selatan (Jumardanm)

Luas area 350 km2
Kedalaman 5 m
Letak Sengkang, Sulawesi Selatan

Danau Tempe merupakan salah satu danau terbesar ke tiga di Indonesia. Danau Tempe merupakan hilir dari sungai Bila. Danau tersebut terhubung dengan danau-danau di sekitarnya, yakni danau Taparang Lampompaka, Labuang, dan Sidenreng.

Pemandangan indah Danau Tempe karena dikelilingi oleh pegunungan, membuat danau bersejarah itu menjadi salah satu objek wisata. Tidak hanya Sungai Bila saja yang bermuara ke danau berair tawar tersebut, namun ada sekitar 22 sungai lainnya.

Danau Tempe merupakan danau tempat habitat ikan tawar yang ada di daerah tersebut. Sehingga banyak nelayan yang memanfaatkan hal tersebut sebagai salah satu mata pencaharian. Danau tersebut sering diadakan beberapa festival yang dipimpin langsung olek kepala desa.

 

Danau Towuti (561,1 km2)

Danau Towuti merupakan danau terbesar kedua di Indonesia
Danau Towuti, Towuti Sulawesi Selatan (European Space Agency)

Luas area 561,1 km2
Kedalaman 203 m
Letak Towuti, Sulawesi Selatan

Danau Towuti merupakan danau terbesar kedua di Indonesia. Danau Towuti dikelilingi oleh pegunungan, sehingga membuat danau ini berpanorama indah.

Seperti halnya Danau Matano, Danau Towuti terjadi akibat patahan akibat dari aktivitas tektonik dari 4 tahun silam. Danau Towuti menjadi bagian dari konservasi alam serta dijadikan sebagai tempat pariwisata.

Sebagai salah satu objek wisata bahari, Danau Towuti memiliki vegetasi yang sangat menarik untuk dinikmati. Pasalnya, air yang ada di danau ini masih memiliki kandungan seperti air saat jutaan tahun silam.

Spesies endemik yang hidup di sana juga sangat banyak dan masih memiliki daya tarik tersendiri yang mencerminkan Danau Towuti tersebut. Oleh karena itu, danau Towuti memiliki potensi wisata yang sangat tinggi namun harus diimbangi oleh aktivitas konservasi yang ketat pula.

 

Danau Toba (1.130 km2)

Danau Toba merupakan Danau Terbesar di Indonesia
Danau Toba Sumatera Utara (Klim Levene)

Luas area 1.130 km2
Kedalaman 505 m
Letak Sumatera Utara

Danau yang merajai di Indonesia adalah Danau Toba. Danau yang terjadi karena erupsi gunung berapi yang sangat besar dan terjadi sekitar 70.000 tahun silam. Danau Toba merupakan danau gunung berapi yang memiliki sebuah pulau di tengahnya yang bernama Pulau Samosir.

Sebagian besar penduduk yang berada di area Danau Toba adalah suku Batak. Mereka memanfaatkan Danau Toba sebagai salah satu mata pencaharian, salah satunya ternak ikan air tawar. Tidak hanya itu, flora dan fauna yang ada di sana menjadi salah satu hiasan yang terdapat di Danau Toba.

Itulah daftar 10 danau terbesar di Indonesia yang bisa kamu ketahui. Selain sebagai sumber kehidupan penduduk sekitar, danau juga berfungsi sebagai tempat wisata. Tak jarang danau-danau tersebut ramai dikunjungi masyarakat yang ingin menikmati keindahannya.

Iqbal Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *